Kabar Gembira! Bansos Rice Cooker Gratis Siap Cair November, Cek Syarat Penerimanya Disini

Kabar Gembira! Bansos Rice Cooker Gratis Siap Cair November, Cek Syarat Penerimanya Disini

Kabar Gembira! Bansos Rice Cooker Gratis Siap Cair November, Cek Syarat Penerimanya Disini--(Sumber Foto: Katadata)

BETVNEWS - Artikel ini menyajikan informasi seputar bantuan sosial (bansos) program rice cooker gratis yang dibagikan pemerintah kepada masyarakat yang membutuhkan, pada November 2023.

Bantuan ini merupakan upaya pemerintah agar masyarakat mendapatkan alat memasak berbasis listrik (AML) untuk menjamin akses energi bersih yang terangkau dan berkelanjutan.

BACA JUGA:Bansos PIP Kemdikbud 2023 Cair Lagi November, Penerima Kantongi Uang hingga Rp1 Juta, Cek Nama Kamu

Selain itu, dengan program ini juga diharapkan dapat menekan impor gas LPG serta untuk meningkatkan konsumsi listrik per kapita.

Program ini diadakan melalui Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik Bagi Rumah Tangga.

Melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), sebanyak 500.000 unit sudah disiapkan pemerintah untuk memenuhi target di tahun 2023 ini.

BACA JUGA:Bansos El Nino Cair November! Siap-siap Dapat BLT Rp400.000, Segera Cek Syarat dan Nama Penerimanya Disini

Data calon penerima saat ini masih disiapkan dengan mempertimbangkan usulan dari kepala desa atau pemerintah setempat. Setelah itu, Kementerian ESDM bersama PLN akan melakukan verifikasi. Apabila sudah didapatkan data secara final, rice cooker gratis baru dibagikan kepada masyarakat.

Meskipun begitu, tidak semua masyarakat bisa mendapatkan bantuan ini. Pasalnya, pemerintah telah mengatur kriteria penerima yang wajib dipenuhi untuk mendapatkan program gratis ini.

BACA JUGA:Bansos PKH 2023 November Telah Cair! Begini Cara Cek Penerima dan Besaran Nominal yang Diterima

Apabila telah memenuhi syarat dan kriteria, maka kamu akan mendapatkan paket bantuan berisi satu set rice cooker, kartu garansi, buku pengoperasian rice cooker, dan brosur yang berisi rekomendasi pola pemakaian.

Berikut syarat dan kriteria penerima rice cooker gratis dari pemerintah:

1. Sudah menjadi pelanggan PT PLN Persero atau PT PLN Batam

2. Golongan tarif untuk keperluan rumah tangga kecil pada tegangan rendah dengan daya 450 volt-ampere (R-1/TR)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: