dempo

5 November Memperingati Hari Tanpa Tugas, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

5 November Memperingati Hari Tanpa Tugas, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

5 November Memperingati Hari Tanpa Tugas, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini.--(Sumber Foto: Pexels)

Setiap tanggal 5 November diperingati sebagai Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) oleh masyarakat Indonesia. Peringatan ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar selalu menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati yang terdapat di Indonesia. 

Selain itu, HCPSN juga bertujuan untuk meningkatkan kepedulian, perlindungan, dan pelestarian puspa serta satwa nasional.

BACA JUGA:2 November Memperingati Hari Arwah, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

Peringatan ini juga sekaligus menjadi pengingat mengenai pentingnya konservasi satwa liar serta tumbuhan yang ada di Indonesia. Melalui perayaan ini, generasi muda diharapkan juga ikut berpartisipasi dalam menjaga keanekaragaman hayati milik Indonesia.

HCPSN diperingati pada 5 November berdasarkan Keppres Nomor 4 Tahun 1993 yang diteken oleh Presiden Soeharto.

Presiden Soeharto menyebutkan bahwa penetapan perayaan ini dalam rangka untuk terus mengingatkan diri kita agar kita selalu menjaga kelestarian fungsi lingkungan. Maka penetapan satu hari dalam setahun ini, sebagai hari yang menggugah kesadaran dan kecintaan kita semua pada puspa tanaman dan satwa alam kita.

BACA JUGA:Hari Vegan Sedunia 1 November 2023: Simak 5 Manfaat Konsumsi Sayur dan Buah untuk Kesehatan Tubuh

3. Hari Kesadaran Tsunami Sedunia 

Hari Kesadaran Tsunami Sedunia diperingati pada tanggal 5 November setiap tahunnya. Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan perayaan ini untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pendidikan tentang tsunami untuk memastikan bahwa masyarakat bertindak tegas dan tanpa panik ketika ada peringatan tsunami.

Pada tanggal 22 Desember 2015, PBB melalui resolusi 70/23 menetapkan tanggal 5 November sebagai Hari Kesadaran Tsunami Sedunia. Meski jarang terjadi, tsunami merupakan salah satu bencana alam yang paling dahsyat dan berbahaya.

BACA JUGA:1 November Memperingati Apa? Cek Daftar Lengkapnya, Ada Hari Inovasi Indonesia hingga Hari Vegan Sedunia

Bencana ini tidak memiliki batas negara karena tidak hanya berdampak pada masyarakat pesisir saja, namum juga mencapai dan menghancurkan kota-kota dan komunitas lain yang berlokasi jauh dari pantai.

Demikian informasi mengenai daftar peringatan yang jatuh pada tanggal 5 November, mulai dari Hari Tanpa Tugas hingga Hari Kesadaran Tsunami Sedunia. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: