Masya Allah, Kisah Abu Thalhah Sahabat Nabi Muhammad SAW, Jasadnya Utuh dan Dijamin Masuk Surga

Masya Allah, Kisah Abu Thalhah Sahabat Nabi Muhammad SAW, Jasadnya Utuh dan Dijamin Masuk Surga

Ilustrasi. Kisah sahabat Nabi Muhammad SAW, Abu Thalhah yang jasadnya utuh dan dijamin masuk surga.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Ada banyak kisah yang dapat menginspirasi banyak orang, khususnya umat Islam. Salah satunya kisah Abu Thalhah, sahabat Nabi Muhammad SAW yang diketahui jasadnya utuh karena rutin menjalankan puasa.

Kisah tersebut tentunya bisa menjadi pengingat bagi kita semua, dengan keistiqomahannya dalam beribadah dan beliau termasuk sosok sahabat yang dijamin masuk surga.

Siapakah Abu Thalhah dalam hidup Nabi Muhammad SAW dan bagaimana perjalanan beliau hingga akhirnya masuk Islam? Simak ulasan berikut ini.

BACA JUGA:Kisah Sahabat Nabi, Abu Dzar si Paling Miskin tapi Hidup Bahagia, Bikin Kagum Ternyata Karena Ini Masuk Islam!

Adakah yang tahu sahabat Nabi Muhammad bernama Abu Thalhah al-Anshari? Ternyata kisahnya sebelum masuk Islam cukup menarik diketahui. Tentu penasaran bukan kenapa beliau akhirnya memeluk agama Islam, meskipun tidak mudah namun beliau begitu sungguh-sungguh.

Alasan Abu Thalhah akhirnya memeluk Islam

Melalui perantara Ummu Sulaim, beliau akhirnya memeluk Islam. Sebab, saat itu Abu Thalhah tengah melamar Ibu Anas bin Malik yang sudah menjanda.

Kemudian, Ummu Sulaim berkata padanya, "Sungguh aku tertarik padamu. Orang seperti Anda tidak pantas untuk ditolak namun Anda seorang laki-laki kafir sedangkan aku seorang muslimah. Kalau kau mau memeluk Islam itulah mahar untukku. Aku tidak meminta selain itu," ucapnya.

BACA JUGA:Mengenal 4 Sahabat Nabi Muhammad, yang Dapat Julukan Khulafaur Rasyidin, Indahnya Islam

Mendengar ungkapan dari Ummu Sulaim, ia pun berjalan menuju berhalanya yang dibuat dari bahan kayu. Kemudian, Abu Thalhah seolah sedang beribadah di sana, melihat hal tersebut Ummu Sulaim berkata lagi, "Abu Thalhah, bukankah kau tahu Tuhan yang kau sembah selain Allah itu tumbuh dari tanah?"

"Iya," jawab Abu Thalhah.

"Tidakkah kau malu kalau kau itu menyembah potongan pohon. Sebagian dari pohon itu kau jadikan Tuhan sementara sebagian yang lain kau jadikan alat untuk mengaduk adonan roti?" tambah Ummu Sulaim.

"Siapa yang mau mengajariku tentang Islam?" tanya Abu Thalha pada Ummu Sulaim.

BACA JUGA:Daftar 10 Sahabat Nabi Muhammad yang Dijamin Masuk Surga, Masyaa Allah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: