7 November Memperingati Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Wayang Nasional hingga Hari Notaris

7 November Memperingati Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Wayang Nasional hingga Hari Notaris

7 November Memperingati Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Wayang Nasional hingga Hari Notaris.--(Sumber Foto: Unsplash)

BETVNEWS - Setiap tanggal yang tertera di kalender memiliki momen yang diperingati oleh sebagian orang atau kelompok tertentu. Termasuk pada tanggal 7 November.

Tahun ini, 7 November 2023 jatuh pada hari Selasa. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Wayang Nasional.

Peringatan ini diadakan dalam rangka untuk meningkatkan kesadaran dan kecintaan masyarakat terhadap wayang Indonesia sebagai salah satu budaya unik dan wajib dilestarikan.

BACA JUGA:6 November Memperingati Hari Apa? Cek Daftar Lengkapnya Disini

Selain Hari Wayang Nasional, tanggal 7 November juga diperingati sebagai Hari Periklanan Terprogram Nasional dan Hari Notaris.

Berikut daftar peringatan yang jatuh pada tanggal ini:

1. Hari Wayang Nasional

Hari Wayang Nasional diperingati setiap tanggal 7 November tiap tahunnya di Indonesia. Peringatan ini diadakan dalam rangka untuk meningkatkan kesadaran dan kecintaan masyarakat terhadap wayang Indonesia.

Peringatan ini ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30 Tahun 2018 tentang Hari Wayang Nasional. Kendati begitu, peringatan ini tidak termasuk hari libur nasional.

BACA JUGA:5 November Memperingati Hari Tanpa Tugas, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

Wayang menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang wajib dijaga dan dilestarikan. Wayang di Indonesia memiliki beragam jenis yang berasal dari berbagai daerah. 

Wayang cukup terkenal di Indonesia dan bahkan juga menyebar ke kancah Internasional. 

Hal ini terbukti ketika wayang dinobatkan sebagai World Master Piece of Oral and Intangible Heritage of Humanity oleh UNESCO.

Hari Wayang Nasional ditetapkan  atas dasar pertimbangan bahwa wayang telah tumbuh dan berkembang menjadi aset budaya nasional yang memiliki nilai sangat berharga dalam pembentukan karakter serta jati diri bangsa Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: