12 November Memperingati Apa? Cek Daftarnya, Ada Hari Ayah Nasional hingga Hari Pneumonia Sedunia

12 November Memperingati Apa? Cek Daftarnya, Ada Hari Ayah Nasional hingga Hari Pneumonia Sedunia

12 November Memperingati Apa? Cek Daftarnya, Ada Hari Ayah Nasional hingga Hari Pneumonia Sedunia.--(Sumber Foto: Pexels)

BETVNEWS - Setiap tanggal memiliki momen tertentu yang diperingati oleh sebagian orang atau kelompok tertentu tiap tahunnya. Termasuk pada tanggal 12 November.

Tahun ini, 12 November 2023 jatuh pada hari Minggu. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. 

Peringatan ini diadakan untuk mengapresiasi dan memberikan penghormatan kepada para ayah di seluruh Indonesia atas segala kerja keras yang dilakukan untuk keluarga. 

Hari Ayah Nasional pertama kali diadakan pada tahun 2016.

BACA JUGA:11 November Memperingati Hari Bangunan Indonesia, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

Selain Hari Ayah Nasional, tanggal 12 November juga diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional dan Hari Pneumonia Sedunia.

Berikut daftar peringatan yang jatuh pada tanggal ini:

1. Hari Ayah Nasional

Indonesia memperingati Hari Ayah Nasional pada tanggal 12 November setiap tahunnya. Peringatan ini diadakan untuk mengapresiasi dan memberikan penghormatan kepada para ayah di seluruh Indonesia atas segala kerja keras yang dilakukan untuk keluarga. Bukan hanya Ibu, Ayah juga memiliki peran penting sebagai kepala keluarga.

Perayaan ini muncul karena ketiadaan peringatan untuk jasa para ayah. Hari Ayah Nasional pertama kali dideklarasikan di Kota Solo, Jawa Tengah pada tahun 2016.

BACA JUGA:Hari Pahlawan 10 November 2023: 6 Tokoh Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden, Cek Daftarnya

Kala itu, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) sedang melaksanakan peringatan Hari Ibu di Solo pada tahun 2014. 

Kemudian salah seorang peseta bertanya mengenai peringatan Hari Ayah. Berangkat dari itu, PPIP bersama DPRS Kota Solo menciptakan Hari Ayah Nasional serta memilih tanggal 12 November.

Awalnya peringatan ini hanya dirayakan di Solo, kemudian juga diperingati Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT). Lama kelamaan, peringatan ini diakui secara nasional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: