Dinkes Seluma Imbau Masyarakat Waspada DBD Dimusim Pancaroba

Dinkes Seluma Imbau Masyarakat Waspada DBD Dimusim Pancaroba

Muhrim, Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma--(Sumber Foto: Jul/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS -  Memasuki musim pancaroba, Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma mengingatkan kepada masyarakat waspada ancaman terhadap virus demam berdarah dengue (DBD).

"Kami himbau ke masyarakat memasuki musim penghujan agar waspada penyakit  demam berdarah," imbau Muhirin, Kabid P2P Dinas Kesehatan Seluma, Minggu 12 November 2023.

BACA JUGA:300 KK di Dusun Tengah Seluma Akan Nikmati Air Bersih, Program TNI Manunggal Air

Muhirin Kepala Bidang Penangulanngan Penyakit Penular(P2P) mengatakan, pergantian dari musim kemarau ke musim hujan jentik jentik nyamuk aides agepty sangat mudah berkembang biak sehingga potensi DBD di musim hujan sangat rentan.

"Dimusim kemarau DBD juga ada, tetapi memasuki musim penghujan pertumbuhan nyamuk pembawa DBD sangat lebih berpotensi. Kita harap masyarakat harus lebih waspada dan antisipasi harus lebih ditingkatkan, " lanjut Muhirin.

BACA JUGA:Caleg Gangguan Jiwa Kalah Pemilu, Dinsos Seluma Siap Tampung Antar ke RSKJ

Cuaca antara musim kemarau ke musim hujan saat ini kelembapan suhu udara meningkat sehingga nyamuk nyamuk mudag bersarang dan resiko DBD sangat rentan terjadi.

Disarankan Muhirin untuk mencegah DBD pada musim hujan harus memberantas nyamuk aides aegepty dengan cara menguras dan menutup penampung air mendaur ulang barang barang bekas ataupun membersihkan apa saja yag berpotensi menjadi sarang nyamuk.

BACA JUGA:300 KK di Dusun Tengah Seluma Akan Nikmati Air Bersih, Program TNI Manunggal Air

"Pencegahan dengan cara 3 M ini harus diterpakan seminggu sekali dan juga pastikan keadaan lingkungan sekitar juga harus bersih," tutup Muhirin.

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: