NPHD Rp35 Miliar Ditandatangani, Seluma Siap Sukseskan Pemilu 2024

NPHD Rp35 Miliar Ditandatangani, Seluma Siap Sukseskan Pemilu 2024

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma, KPU Seluma dan Bawaslu Seluma akhirnya menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk pelaksanaan Pemilu tahun 2024 mendatang. --(Sumber Foto: Jul/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma, KPU Seluma dan Bawaslu Seluma akhirnya menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. 

Penandatanganan NPHD ini terlambat dari waktu yang ditentukan yakni 10 November 2023 lalu lantaran kendala teknis dan belum siapnya draft NPHD yang akan ditanda tangani oleh pihak penyelenggara.

Kendati demikian, namun penandatanganan NPHD yang dilakukan oleh Bupati Seluma Erwin Octavian, dihadiri juga oleh Komisioner KPU Hetty, serta Ketua Bawaslu Gandhi Indajaya, pada Selasa 14 November 2023 di kantor Bupati Seluma itu, berjalan dengan lancar.

BACA JUGA:BPK Rekomendasikan Tim Ahli Periksa Infrastruktur Jembatan Elevated DDTS

Besaran dana hibah daerah yang dikucurkan Pemkab Seluma untuk mensukseskan Pilkada 2024, yakni Rp 35 miliar. Rinciannya Rp 26 miliar untuk KPU dan Rp 9 miliar untuk Bawaslu.

Namun berdasarkan surat edaran Kemendagri bahwa Pemerintah Daerah harus mengalokasikan dana hibah untuk pilkada pada 2024 sebesar 40 persen dari nilai yang telah disepakati dan untuk 60 persen nya diserahkan pada tahun depan.

BACA JUGA:Peringatan HKN ke-59, Seluma Fokus Turunkan Angka Stunting

Dalam pencairan 40 persen tersebut, KPU Seluma menerima Rp10,4 miliar sedangkan Bawaslu baru Rp3,6 miliar.

"Penandatanaganan ini memang telah kita jadwalkan karena ada agenda lain sehingga meleset dari jadwal yang ditentukan dan tadi naskah NPHD untuk KPU dan Bawaslu sudah kita tanda tangani, untuk pencairannya tahap awal 40 persen dalam 14 hari kerja," kata Bupati Erwin Octavian.

BACA JUGA:Ulah Guru SDN 157 dan SMPN 43 di Seluma yang Jarang Mengajar, Siswa Sering Libur

Lanjut Bupati, dirinya berharap setelah dana hibah telah direalisasikan pihak KPU dan Bawaslu agar bisa menggunakan anggaran tersebut dengan sebaik baiknya.

"Kami harap setelah  terealisasikan anggaran hibah bisa digunakan untuk kegiatan pemiliu semana mestinya, demi berjalannya pemilu yang aman dan damai.

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: