Kisah Paman Nabi Muhammad SAW, Hamzah yang Dijuluki Singa Allah, Rasulullah Menangis Saat Kepergiaannya?

Kisah Paman Nabi Muhammad SAW, Hamzah yang Dijuluki Singa Allah, Rasulullah Menangis Saat Kepergiaannya?

Ilustrasi. Kisah paman Nabi Muhammad SAW yang dijuluki singa Allah.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Salah satu sahabat sekaligus paman Nabi Muhammad SAW ini lahir di Mekah sekitar 568, Hamzah bin Abdul Muthalib namanya, beliau lebih tua dari nabi sekitar 2 tahun. Ia merupakan paman Rasulullah yang dikenal akan keteguhannya untuk menegakkan Islam.

Sebelum paman nabi ini masuk Islam, Nabi Muhammad sedang mengupayakan penyebaran dakwah ajaran agama Islam. Walaupun begitu, beliau tidak membenci nabi bahkan rasa hormat untuk senantiasa melindungi nabi tetap ada.

BACA JUGA:Masya Allah, 10 Sahabat Nabi Muhammad SAW Ini Dijamin Masuk Surga, Siapa Saja?

Terlebih Hamzah sendiri tak akan tinggal diam apabila ada seseorang yang menyakiti atau menjelekkan keponakannya itu. Begitulah sosok Hamzah yang selalu menaruh rasa hormat dan sayang kepada Nabi Muhammad SAW.

Kemudian, bakat beliau tidak diragukan lagi selain jenius Hamzah juga pandai menggunakan panah. Diketahui bahwa Hamzah masuk Islam dipenghujung tahun ke-6 kenabian, di bulan Dzulhijjah.

BACA JUGA:Masya Allah, Kisah Abu Thalhah Sahabat Nabi Muhammad SAW, Jasadnya Utuh dan Dijamin Masuk Surga

Tentang keislaman beliau sendiri adalah kabar yang menggembirakan bagi umat Islam. Dikarenakan ia terkenal seorang yang tegas lagi pemberani.

Hamzah bin Abdul Muthalib lantas dijuluki sebagai Singa Allah, dikarenakan perjuangannya yang penuh dengan keberanian semata-mata untuk agama Islam. Julukan Singa Allah atau Asadullah tersebut diberikan langsung kepada Rasulullah.

BACA JUGA:Mengenal 4 Sahabat Nabi Muhammad, yang Dapat Julukan Khulafaur Rasyidin, Indahnya Islam

Latar belakang seorang Hamzah yang kemudian memeluk Islam, menurut riwayatnya hal itu terjadi saat kaum musyrikin melemparkan kotoran unta kepada Nabi Muhammad SAW. Disisi lain, ada yang mengatakan bahwa Hamzah memeluk Islam, sebab merasa tidak terima jika Nabi Muhammad SAW diganggu Abu Jahal.

Suatu hari, Abu Jahal sedang menyakiti dan mencaci-maki Rasulullah. Hanya saja nabi tidak membalas perbuatannya.

BACA JUGA:Ada 5 Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Termasuk Assabiqunal Awwalun, Siapa Saja?

Disisi lain, diketahui Hamzah bin Abdul Muthalib tengah bersiap untuk berburu. Lalu diperjalanan bertemulah ia dengan mantan budak Abdullah bin Jud'an at-Taimi. Perempuan itu berkata:

"Hai Abu Umarah (panggilan Hamzah), kalau saja Tuan tadi menyaksikan apa yang dialami keponakanmu Muhammad, yang menderita dari perbuatan Abul Hakam (julukan Abu Jahal oleh orang Quraisy). Dia tadi menyakiti keponakanmu itu, mencaci-makinya, dan mencelanya habis-habisan. Sampai dia pergi, Muhammad tidak berkata apapun."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: