1 Desember Memperingati Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari AIDS Sedunia

1 Desember Memperingati Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari AIDS Sedunia

1 Desember Memperingati Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari AIDS Sedunia.--(Sumber Foto: Pexels)

BETVNEWS - Setiap tanggal di kalender memiliki peringatan yang dirayakan oleh sebagian orang atau kelompok tertentu tiap tahunnya. Termasuk pada tanggal 1 Desember.

Tahun ini, 1 Desember 2023 jatuh pada hari Jumat. Tanggal ini diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia.

Peringatan ini didedikasikan untuk menyebarkan kesadaran akan pandemi AIDS yang disebabkan oleh penyebaran infeksi HIV, dan untuk berduka atas mereka yang meninggal karena penyakit tersebut. 

BACA JUGA:29 November Memperingati Hari KORPRI, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

Selain Hari AIDS Sedunia, tanggal 1 Desember juga diperingati sebagai Hari Tanpa Seni dan Hari Bhatara Sri.

Berikut daftar peringatan yang jatuh pada tanggal 1 Desember:

1. Hari AIDS Sedunia

Pertama kali diperingati pada tahun 1988, Hari AIDS Sedunia jatuh pada tanggal 1 Desember setiap tahunnya. Peringatan ini didedikasikan untuk menyebarkan kesadaran akan pandemi AIDS yang disebabkan oleh penyebaran infeksi HIV, dan untuk berduka atas mereka yang meninggal karena penyakit tersebut.

Hari AIDS Sedunia adalah pertama kalinya diperingati secara global pada tahun 1998. Hari ini merupakan kesempatan bagi semua orang di seluruh dunia untuk bersatu dalam perjuangan melawan penyakit ini dan berdiri dalam solidaritas untuk mendukung mereka yang menderita HIV, serta mengenang mereka yang kehilangan nyawa karena penyakit ini.  

BACA JUGA:28 November Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia, Cek Daftar Peringatan Lain pada Tanggal Ini

Gagasan untuk memperingati Hari AIDS Sedunia dicetuskan untuk memanfaatkan kesenjangan media antara pemilihan presiden AS tahun 1988 dan Natal.

Jurnalis penyiaran James Bunn, yang baru saja menjabat di Organisasi Kesehatan Dunia, percaya bahwa setelah satu tahun kampanye pemilu, masyarakat akan tertarik pada liputan siaran AIDS. Bersama rekannya Thomas Netter, Bunn menilai 1 Desember sebagai tanggal ideal untuk perayaan tersebut dan menghabiskan 16 bulan berikutnya untuk merencanakan dan melaksanakan acara perdananya. 

BACA JUGA:27 November Memperingati Hari Adopsi Penyu, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

Tema Hari AIDS Sedunia yang pertama dipusatkan pada anak-anak dan remaja, untuk menciptakan kesadaran yang lebih besar di antara kelompok usia sasaran, dan dampak AIDS terhadap kehidupan mereka dan keluarga mereka. Hal ini juga menjadi jelas bahwa AIDS tidak terbatas pada kelompok yang umumnya mendapat stigma seperti pengguna narkoba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: