Semakin Terarah! Amalkan 7 Cara Bersyukur dalam Hidup Ini, Buat Suasana Kembali Tenang Dekat Kepada ALLAH

Semakin Terarah! Amalkan 7 Cara Bersyukur dalam Hidup Ini, Buat Suasana Kembali Tenang Dekat Kepada ALLAH

Ilustrasi. Cara bersyukur kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Kata syukur sendiri memiliki makna yang dalam bagi kehidupan setiap insan. Dalam hal apapun, baik rezeki, nikmat sehat, kesulitan, hingga bahagia. Lantas sudahkah bersyukur hari ini? 

Namun tidak banyak dari kita yang ingat tentang definisi bersyukur itu sendiri. Ada kalanya merasa sangat berat menerima, sehingga diperlukan hati yang ikhlas dan lapang untuk dapat mensyukuri segala sesuatunya.

BACA JUGA:Makin Bersyukur! Amalkan Sholawat Jibril Ini Agar Rezeki Datang dari Segala Arah dan Jadi Kaya Raya

Setidaknya ada 7 cara bersyukur dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kamu ketahui dan amalkan, agar memberi dampak perubahan dalam hidup. Pasalnya meningkatkan rasa syukur dalam hidup sangat penting, sebagaimana Allah melimpahkan ujian kepada seorang hamba dalam bentuk rasa sayang-Nya untuk kita.

Sehingga hidup terarah, dengan bersyukur akan ditemukan makna tentang sesuatu dan dapat lebih dekat kepada Allah. Cara agar mendapat hati yang tenang adalah dengan bersyukur, hal ini pun berkaitan dengan pemaparan dari Quraish Shihab tentang syukur.

BACA JUGA:8 Ayat Al Quran Tentang Bersyukur, Syukuri Nikmat yang ALLAH Berikan

Menurut Quraish Shihab syukur memiliki tiga sisi antara lain,

- Syukur dengan hati, yakni berkaitan dengankepuasan batin atas anugerah.

- Syukur dengan lidah, mengakui bahwa anugerah serta mumuji pemberiannya.

- Syukur atas perbuatan, hal ini dimanfaatkan untuk anugerah yang diterima sesuai dengan tujuan penganugerahannya.

BACA JUGA:Menikmati Hidup, Ini 5 Ciri-ciri Orang yang Pandai Bersyukur, Apa Saja?

Dengan bersyukur sebagai tanda kasih sayang kita kepada Yang Maha Kuasa di mana telah melimpahkan rahmat serta nikmat yang tak terhingga sampai saat ini. Banyak cara untuk menyukuri hidup, baik dalam ungkapan maupun perbuatan.

Allah SWT telah berjanji akan melipatgandakan pahala untuk umat manusia yang selalu bersyukur. Dalam hal ini, keutamaan bersyukur dijelaskan pada surah Ibrahim ayat 7, yang artinya:

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: