Mega Proyek Jembatan DDTS Rp87 Miliar Minggu Depan Uji Coba, Ini Kendaraan yang Boleh Melintas

Mega Proyek Jembatan DDTS Rp87 Miliar Minggu Depan Uji Coba, Ini Kendaraan yang Boleh Melintas

Pembangunan mega proyek Jembatan Elevated Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) yang menghabiskan anggaran Rp 87 miliar disebut telah tuntas 99 persen. --(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pembangunan mega proyek  Jembatan Elevated Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) yang menghabiskan anggaran Rp 87 miliar disebut telah tuntas 99 persen. 

Minggu kedua atau minggu depan bulan Desember 2023 ini akan dilakukan ujii coba, jenis kendaraan yang diperbolehkan melintas semua roda dua, roda empat mini bus dan kendaraan dibawah Tonase 8-12 Ton.

BACA JUGA:BPK Rekomendasikan Tim Ahli Periksa Infrastruktur Jembatan Elevated DDTS

Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, Tejo Suroso menyatakan, semua pekerjaan telah tuntas, saat ini masih dilakukan tahap uji mutu oleh tim ahli dari Universitas Gajah Mada (UGM). 

"Semua pekerjaan sudah selesai atau 99 persen karena kami masih melakukan uji coba mutu dari tim ahli UGM. Diawal direncanakan uji coba minggu pertama Desember 2023 dimajukan minggu kedua Desember ini," tutur Tejo.

BACA JUGA:Jembatan Elevated DDTS Ditargetkan Uji Coba 1 Desember

Dijelaskan Tejo, uji mutu dengan memeriksa kualitas struktur dan memastikan sesuai dengan spesifikasi. Dilakukan secara digital untuk memeriksa struktur bangunan, sistem getaran, tekanan, kekuatan puntir, dan tekuk tarik.

BACA JUGA:Dorong Kreativitas Mahasiswa, Universitas Dehasen Bengkulu Gelar Acara One Day Entrepreneur

“Semua uji mutu dilakukan secara digital. Digital Forensic Infrastruktur dari tim UGM telah digunakan, dan sekarang tinggal menunggu hasil akhir. Secara fisik, mutu konstruksi memenuhi semua standar yang ditetapkan,” jelasnya.

Jembatan Elevated DDTS ini digandang-gandang menjadi salah satu ikon infrastruktur yang memperkuat konektivitas dan mobilitas serta mendukung pariwisata DDTS. Peresmian dijadwalkan pada awal Januari 2024.

BACA JUGA:Pembangunan Jembatan Elevated, Kawasan DDTS Dilakukan Penataan Untuk Pedagang

Diketahui, pembangunan jembatan dan jalan elevated  DDTS ini sepanjang 1,390 Kilometer menggunakan APBD Provinsi Bengkulu tahun 2023 sebesar Rp 87,954 miliar.

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: