dempo

Dabbah Namanya, Hewan Tanda Hari Kiamat yang Bisa Berbicara, Ternyata Ini Tugasnya di Bumi

Dabbah Namanya, Hewan Tanda Hari Kiamat yang Bisa Berbicara, Ternyata Ini Tugasnya di Bumi

Ilustrasi. Hewan tanda hari kiamat, dikenal dengan nama dabbah.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Hari kiamat menjadi salah satu hal yang diyakini umat manusia, terutama umat Islam. Sama halnya dengan kematian, kiamat menjadi kepastian yang akan terjadi di akhir kehidupan dunia.

Lantas, datangnya kiamat ini tidak begitu saja langsung terjadi, terdapat tanda-tanda yang akan muncul saat tiba hari tersebut. Salah satu tanda itu adalah kemunculan hewan bernama Dabbah.

BACA JUGA:Hari Kiamat Akan Tiba, Simak 10 Tanda Kemunculannya Menurut Al Quran, Apa Saja?

Menjelang kiamat nanti, akan ada hewan melata yang muncul dari dalam perut bumi dan bahkan memiliki kemampuan berbicara. Hewan ini juga disebutkan berulang kali dalam Al-Quran surah An Naml ayat 82 yang artinya:

"Dan apabila perkataan (ketentuan masa kehancuran alam) telah berlaku atas mereka, Kami keluarkan makhluk bergerak yang bernyawa dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami."

Hari kiamat menjadi kepastian, tidak ada yang dapat menghindari dan tidak ada tahu tentang kabar datangnya, sekalipun nabi dan rasul.

BACA JUGA:Allah Memilih Nabi Isa Membunuh Dajjal Menjelang Hari Kiamat, Ternyata Begini Alasannya

Selain itu, ternyata ada kajian para ilmuan yang juga menjelaskan bahwa dunia dan segala isinya suatu saat nanti akan hancur. Meskipun begitu, Allah Ta'ala telah menerangkan bahwa ada tanda-tanda hari tersebut akan tiba.

Selanjutnya, diterangkan juga dalam riwayat hadits yang diceritakan Abdullah bin Amr tentang kemunculan Dabbah sebagai pertanda hari kiamat.

"Sesungguhnya pertanda yang pertama-tama muncul (menjelang Kiamat) ialah terbitnya matahari dari Barat dan munculnya binatang melata (Dabbah) menemui manusia pada waktu Dhuha. Mana saja dari keduanya yang lebih dulu terjadi, maka tidak lama sesudah itu yang lainnya pun segera terjadi." (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah).

BACA JUGA:Akan Terjadi Jelang Hari Kiamat Nanti! Ini 6 Fitnah yang Telah Diperingatkan, Nomor 4 Sudah Ada?

Hadits lainnya juga menyebutkan perkara yang sama, Rasulullah bersabda mengenai Dabbah tersebut. Hal ini bertujuan sebagai pengingat bagi umat Islam untuk senantiasa bertobat.

Diriwayatkan dalam hadits Muslim bahwa Rasulullah bersabda, yang artinya:

"Ada tiga perkara yang jika keluar maka tidak akan berguna lagi keimanan orang yang belum beriman sebelumnya; atau belum mengusahakan kebaikan yang dilakukan dalam keimannya. Ketiga perkara itu adalah: terbitnya matahari dari barat, Dajjal dan binatang bumi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: