Dabbah Namanya, Hewan Tanda Hari Kiamat yang Bisa Berbicara, Ternyata Ini Tugasnya di Bumi

Dabbah Namanya, Hewan Tanda Hari Kiamat yang Bisa Berbicara, Ternyata Ini Tugasnya di Bumi

Ilustrasi. Hewan tanda hari kiamat, dikenal dengan nama dabbah.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BACA JUGA:7 Golongan yang Akan Dinaungi ALLAH pada Hari Kiamat, Siapa Mereka?

Tugas Dabbah di muka bumi

Dabbah Al-Ardh nantinya akan keluar di hari kiamat atas izin dari Allah, tidak juga hanya sekadar muncul melainkan membawa suatu tugas atau pesan. Rasulullah bersabda dalam hadits riwayat Imam Ahmad dan Tirmizi, bahwa:

"Seekor binatang akan keluar dengan membawa tongkat Musa dan cincin Sulaiman Alaihissallam, lalu dia akan memberikan tanda (cap sebagai tanda pengenal) kepada seorang kafir-Affan (salah seorang perawi hadis) berkata, 'Pada hidung seorang kafir-dengan cincin, dan menjadikan bercahaya serta memutihkan wajah seorang mukmin dengan tongkat sehingga orang-orang yang sedang berkumpul pada hidangan makanan akan saling menyeru, maka yang ini berkata, 'Wahai, Mukmin!' Sementara yang lain berkata, 'Wahai, Kafir!'" (HR. Imam Ahmad dan Tirmizi).

BACA JUGA:Masya Allah! Amalan Mudah Ini Bisa Memberatkan Timbangan Kebaikan Ketika Hari Kiamat

Sebagaimana hadits tersebut, dapat dimaknai sebagai tanda atau peringatan kepada orang mukmin dan kafir. Tanda yang akan diberikan Dabbah menurut hadits diatas yakni di hidung manusia.

Bagi orang mukmin wajahnya akan bersinar, sementara untuk orang kafir dan munafik wajahnya akan berubah menjadi gelap.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa hewan melata ini mampu berbicara, sehingga ia akan mengatakan sesuatu pada manusia.

BACA JUGA:Bakal Jadi Ajudan Allah di Hari Kiamat, Inilah Malaikat yang Ukurannya Sangat Besar

Menurut qira-ah Ubay bin Ka'ab RA, cara Dabbah berbicara serupa selayaknya manusia berkata kepada sesamanya.

Selain itu ada pendapat lain mengenai Dabbah, yakni dabbah merupakan manusia yang berbicara.

Ditambah lagi dapat mendebat bahkan membantah orang-orang yang suka menjalankan bid'ah dan kekufuran supaya mereka dapat berhenti.

Sehingga dalam hal ini, cukuplah bagi kita untuk percaya dengan kabar seorang manusia yang sangat dekat dengan Allah, Nabi Muhammad SAW. Tak lupa untuk berserah hanya kepada Allah yang mengetahui segala yang ada di langit maupun di bumi.

BACA JUGA:Mengenal Golongan yang Kelak Akan Mendapat Naungan di Hari Kiamat, Siapa Mereka?

Inilah informasi tentang Dabbah sebagai hewan melata yang memiliki tugas di muka bumi, menjadi salah satu tanda kiamat yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat. Wallahu a'alam.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: