FEB UNIVED Gelar Seminar Nasional Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi ke-II

FEB UNIVED Gelar Seminar Nasional Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi ke-II

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dehasen Bengkulu (FEB UNIVED) menggelar Seminar Nasional Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi ke-2 (SN-EMBA II), Senin 4 Desember 2023.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dehasen Bengkulu (FEB UNIVED) menggelar Seminar Nasional Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi ke-2 (SN-EMBA II), Senin 4 Desember 2023.

Seminar dengan tema "Strategi Bisnis Bersaing di Era Digital" ini, digelar secara daring melalui Zoom Meeting serta secara luring di Aula Utama Lantai 4 Kampus 1 UNIVED Bengkulu. 

Sebanyak 390 peserta seminar yang hadir terdiri dari dosen, akademisi, serta mahasiswa yang berasal dari FEB UNIVED Bengkulu.

BACA JUGA:Universitas Dehasen Bengkulu Pamerkan Kreativitas Produk Wirausaha Mahasiswa

Dr. Suwarni, S.Kom, M.M., Dekan FEB UNIVED menyampaikan, seminar ini digelar untuk menjembatani kebutuhan mahasiswa, khususnya dalam bidang pengembangan ilmu dan pengimplementasian peluang bisnis. Selain itu, kegiatan ini sekaligus berguna untuk mengkontruksi pola pikir mahasiswa agar lebih berorientasi pada inovasi baru.

Melalui materi yang dipaparkan narasumber, pihaknya berharap hal tersebut dapat semakin membuka wawasan bagi dosen dan mahasiswa sehingga bermanfaat di masa mendatang.

Wakil Rektor 3, Yode Arliando, S.Kom., M.Kom., mewakili Rektor menyampaikan apresiasi kepada FEB UNIVED yang secara konsisten menggelar seminar dan memajukan mindset berpikir di lingkungan kampus.

Sebagai keynote speaker, beliau menggarisbawahi bahwa inovasi dalam ekonomi perlu ditunjang data dan fleksibilitas di era kiwar demi menyesuaikan perubahan yang ada. Adapun bisnis harus berorientasi pada teknologi, taat pada prosedur, kolaborasi dengan berbagai sektor, serta harus mampu beradaptasi dengan cepat dan memanfaatkan peluang.

BACA JUGA:Dorong Kreativitas Mahasiswa, Universitas Dehasen Bengkulu Gelar Acara One Day Entrepreneur

Narasumber pertama, Dr. Made Setini, S.Kom., M.M., dari Universitas Warmadewa Bali memaparkan mengenai transformasi bisnis digital. Dosen Prodi Manajemen tersebut mengemukakan bahwa tranformasi bisnis digital berkaitan dengan pengorganisasian, pemanfaatan sistem, dan seluruhnya harus terintegrasi dengan ruang digital sehingga memberi value yang mendatangkan benefit.

Sementara Bapak Wahju Prasetya, Chief Financial Officer Lokasoka menyampaikan pentingnya memahami pesaing dan mengutamakan kualitas produk bukan berorientasi pada persaingan harga. Analisa kompetitor juga perlu diperhatikan dalam persaingan digital. Pasa;nya, hal tersebut berguna untuk menempatkan posisi pada pemasaran yang efektif.

Sebagai pebisnis juga perlu menyesuaikan kebutuhan pasar demi jangkauan penjualan yang luas dan maksimal.

BACA JUGA:Klinik Pratama Dehasen Bengkulu Sambut Tim Survei Akreditasi Lafkespri, Siapkan Fasilitas Berstandar Nasional

Selaras dengan yang telah dipaparkan, narasumber berikutnya, Dhita Aditya Nugraha, S.E., M.S.E., Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, memaparkan mengenai dukungan Bank Indonesia kepada UMKM untuk meningkatkan kualitas dan bermanfaat untuk "naik kelas".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: