dempo

5 Desember Memperingati Hari Tanah Sedunia, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

5 Desember Memperingati Hari Tanah Sedunia, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

5 Desember Memperingati Hari Tanah Sedunia, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini.--(Sumber Foto: Pexels)

Sejak itu, Hari Tanah Sedunia menjadi bagian penting untuk mengadvokasi sumber daya pengelolaan tanah berkelanjutan.

BACA JUGA:29 November Memperingati Hari KORPRI, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

2. Hari Ninja Internasional

Tanggal 5 Desember diperingati sebagai Hari Ninja Internasional setiap tahunnya.

Pada tahun 2003, Ninja Burger menciptakan Hari Ninja Internasional pada tanggal 5 Desember sebagai cara untuk merayakan "kecepatan" Ninja dalam menyajikan burger mereka.

Konon tanggal 5 Desember dipilih sebagai Hari Ninja Internasional yang pertama karena bertepatan dengan tanggal perilisan film Tom Cruise "The Last Samurai", yang menampilkan pertarungan ninja vs samurai.

BACA JUGA:28 November Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia, Cek Daftar Peringatan Lain pada Tanggal Ini

3. Hari Relawan Internasional

Hari Relawan Internasional diperingati setiap tanggal 5 Desember. Peringatan ini merupakan momen untuk mengakui upaya para sukarelawan dalam mengubah masyarakat, ekonomi, dan lingkungan.

Pada peringatan ini, anggota masyarakat fokus pada isu-isu yang menjadi perhatian komunitas relawan. Tujuannya bukan sekadar mengajak orang lain untuk menjadi sukarelawan selama satu hari, namun mengubah pola pikir, sikap, dan perilaku masyarakat sehingga mereka menjadi agen perubahan dan bekerja sebagai mitra untuk membangun dunia yang lebih baik.

Bentuk kesukarelaan pertama kali muncul di Eropa pada abad pertengahan, di mana agama dan perawatan orang sakit berjalan beriringan. Ratusan rumah sakit yang dikelola oleh gereja-gereja di negara-negara seperti Inggris merawat penderita kusta dan korban wabah.

BACA JUGA:27 November Memperingati Hari Adopsi Penyu, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

Pada abad ke-18, menjadi sukarelawan lebih berkaitan dengan dinas militer daripada memberikan kontribusi kepada masyarakat. Kesukarelaan terorganisir seperti yang dikenal sekarang mulai berkembang pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19.

Organisasi seperti Palang Merah, Lions Club, Rotary Club, dan YMCA mulai mengumpulkan sumbangan, memobilisasi relawan, dan melakukan kegiatan amal dan pengabdian masyarakat.

Sejak tahun 1985, Program Relawan Perserikatan Bangsa-Bangsa telah mengkoordinasikan Hari Relawan Internasional pada tanggal 5 Desember.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: