Progres Pilot Project Kawasan Ekstrem dan Stunting di Desa Kota Agung Sudah 50 Persen

Progres Pilot Project Kawasan Ekstrem dan Stunting di Desa Kota Agung Sudah 50 Persen

Kepala Dinas Perkim dan Hub Kabupaten Seluma, Erlan Suadi--(Sumber Foto: Jul/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Desa Kota Agung yang berada di Kecamatan Seluma Timur, Kabupaten Seluma Provinsi BENGKULU menjadi pilot project penanganan perumahan kawasan ekstrem dan stunting yang dipilih Balai Kawasan Perumahan dan Pemukiman (BKPP) Kementerian PUPR. 

Kepala Dinas Perkim dan Hub Kabupaten Seluma, Erlan Suadi mengatakan bahwa pilot project ini akan diperbaiki mulai dari jalan, drainase, jamban hingga rumah tak layak huni sebanyak 36 unit akan diperbaiki dan direhab oleh BKPP.

BACA JUGA:Tim GTRA Provinsi Bengkulu Rekomendasikan Pelepasan HGU ke Kementerian ATR/BPN RI

Dan saat ini progres pekerjaan fisiknya sudah mencapai 50 persen. 

"Sebanyak 36 unit RTLH saat ini sedang tahap proses perbaikan, secara fisik pekerjaan sudah capai 50 persen," kata Erlan Suadi, Selasa 5 Desember 2023. 

BACA JUGA:Sempat Dilarikan ke Puskesmas, Bocah 9 Tahun Meninggal Usai Konsumsi Minuman Kemasan

Lanjutnya, pilot project ini bukan hanya perbaikan saja, tetapi nantinya rumah-rumah yang sudah diperbaiki akan diberi hiasan mural untuk mempercantik tampilan rumah dan lingkungan di Desa tersebut, yang akan dikerjakan oleh pihak ketiga. 

"Rumah-rumah yang sudah diperbaiki dan juga lingkungan sekitar, juga terkena beautyfikasi mural untuk mempercantik. Pekerjaannya dikerjakan oleh pihak ketiga di Desa tersebut yang mempunyai skill menggambar," lanjut Erlan. 

BACA JUGA:Hasil Reakreditasi Diumumkan, 11 Puskesmas di Mukomuko Masih Berstatus Utama

Adapun anggaran pekerjaan pilot project tersebut bersumber dari APBN yakni perbaikan rumah 32 unit dan 2 unit RTLH bersumber dari BSPS dan APBD Kabupaten Seluma dengan total anggaran mencapai Rp1 miliar. Sedangkan untuk mural bersumber dari dana pendamping sebesar Rp190 juta. 

Erlan berharap dengan dijadikannya Desa Kota Agung ini menjadi pilot project penanganan perumahan kawasan ekstrem dan stunting, Kabupaten Seluma dapat terbebas dari stuting. 

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: