9 Desember Memperingati Hari Pencegahan Genosida, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

9 Desember Memperingati Hari Pencegahan Genosida, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

9 Desember Memperingati Hari Pencegahan Genosida, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini.--(Sumber Foto: Pexels)

BETVNEWS - Hampir semua tanggal di kalender punya peringatan yang dirayakan pleh sebagian orang atau kelompok tertentu. Tidak terkecuali pada tanggal 9 Desember.

Tahun ini, 9 Desember 2023 bertepatan dengan hari Sabtu. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Pencegahan Genosida.

Peringatan diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan Konvensi Genosida serta perannya dalam melawan dan mencegah kejahatan genosida.

Selain itu, Hari Pencegahan Genosida juga diadakan untuk mengingat serta memberikan penghormatan kepada korban-korban kejahatan genosida.

Selain Hari Pencegahan Genosida, tanggal 9 Desember juga memperingati Hari Peringatan dan Martabat Internasional Korban Kejahatan Genosida, Hari Kedokteran Hewan Internasional dan Hari Anti Korupsi Sedunia.

BACA JUGA:8 Desember Memperingati Hari Brownies Nasional, Cek Resep Brownies Kukus Milo yang Lezat dan Mudah Dibuat

Berikut daftar peringatan yang jatuh pada tanggal ini:

1. Hari Pencegahan Genosida

Hari Pencegahan Genosida diperingati pada tanggal 9 Desember setiap tahun.

Hari Pencegahan Genosida didirikan untuk menciptakan kesadaran tentang Konvensi Genosida (Konvensi Pencegahan dan Penghukuman Kejahatan Genosida).

Konvensi Genosida adalah kumpulan artikel yang mengatur cara mencegah genosida dan apa yang harus dilakukan jika suatu negara berada dalam bahaya menjadi korban genosida. PBB mengadopsi konvensi tersebut pada tahun 1948.

Genosida adalah kata yang mengacu pada tindakan kekerasan yang dilakukan terhadap anggota kelompok ras, etnis, kebangsaan, atau agama. Tujuannya adalah untuk memusnahkan seluruh kelompok. Istilah 'genosida' mulai digunakan secara luas setelah Perang Dunia II ketika besarnya kekejaman rezim Nazi terhadap orang-orang Yahudi di Eropa menjadi jelas.

BACA JUGA:8 Desember Memperingati Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Dikandung Tanpa Noda

2. Hari Peringatan dan Martabat Internasional Korban Kejahatan Genosida

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: