69 Prodi dan Institusi Universitas Bengkulu Raih Akreditasi Internasional

69 Prodi dan Institusi Universitas Bengkulu Raih Akreditasi Internasional

--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Sebanyak 69 program studi atau Prodi dan Institusi perguruan tinggi Universitas BENGKULU (Unib) raih akreditas Internasional dari lembaga ACQUIN (The Accreditation, Certification and Quality Assurance Institute) yang berkantor pusat di Bayreuth, Jerman.

BACA JUGA:12 Desember Memperingati Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Bhakti Transmigrasi

Rektor UNIB, Dr. Retno Agustina Ekaputi, S.E, M.Sc, didampingi para Wakil Rektor dan Ketua Senat Universitas Bengkulu, menyerahkan sertifikat kepada seluruh program studi dilakukan di Gedung Serba Guna (GSG) Unib, 11 Desember 2023.

EQAR (European Quality Assurance Register for Higher Education) merupakan konsorsium yang menaungi berbagai lembaga akreditasi, sertifikasi, dan penjaminan mutu bertaraf internasional yang diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

BACA JUGA:Mahasiswa Dehasen Tolak Kampanye di Kampus, Ini Penjelasan KPU Provinsi Bengkulu

ACQUIN bertujuan untuk mengakreditasi program sarjana, magister, dan doktoral pada berbagai disiplin ilmu untuk memastikan program tersebut memiliki penjaminan mutu yang baik, kurikulum dan proses pembelajaran bertaraf Internasional sehingga dapat meningkatkan daya tarik bagi mahasiswa asing.

BACA JUGA:Ratusan Ton Benih Padi dari Kementan Akan Tiba di Seluma Akhir Desember

Perguruan tinggi yang sudah diakreditasi ACQUIN sudah lebih dari 150 universitas yang tersebar di Jerman, Swiss, Austria, Amerika Serikat, Liechtenstein, dll.

Sebanyak 69 Sertifikat Akreditasi Internasional ACQUIN diberikan kepada seluruh Prodi Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2/Magister dan S3/Doktor) yang ada di 8 fakultas selingkup Universitas Bengkulu.

BACA JUGA:Wabup Tindaklanjuti Pengaduan Masyarakat soal Pengelolaan Dana Desa di Seluma

Predikat sebagai Prodi Terakreditasi Internasional bagi program studi yang menerima sertifikat ini akan berlaku selama maksimal 6 tahun.

"Tentunya kita harus bangga karena UNIB menjadi satu-satunya institusi perguruan tinggi di Indonesia yang telah terakreditasi internasional ACQUIN, disamping sebagai perguruan tinggi paling banyak program studinya terakreditasi Internasional," tutur Retno Agustina.

BACA JUGA:Kecelakaan Maut Mobil vs Motor di Seluma, Pelajar SMP Meninggal Dunia

Salah satu tujuan Unib melaksanakan akreditasi Internasional ini adalah dalam usaha mewujudkan visi lembaga yaitu “Menjadi universitas kelas dunia pada tahun 2025” dan misi lembaga yaitu “Mengembangkan pendidikan dan penelitian berkelas dunia; Menghasilkan karya berstatus Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI); Melaksanakan pengabdian sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal, nasional, dan internasional; dan Mengembangkan sistem tata kelola universitas yang baik dan bersih”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: