Program PTSL 2023 Rampung, 1.500 Bidang Tanah di Seluma Sudah Terdaftar

Program PTSL 2023 Rampung, 1.500 Bidang Tanah di Seluma Sudah Terdaftar

Kepala Kantor Pertahanan (Kantah) Kabupaten Seluma Mursindo, saat menjelaskan mengenai program PTSL di Kabupaten Seluma. --(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Seluma tahun 2023 telah rampung dilaksanakan. Sebanyak 1.500 bidang Tanah dari 22 desa terpilih sudah terdaftar dalam program ini. 

BACA JUGA:Bendungan Bocor, Petani di Seluma Keluhkan Sudah 2 Kali Gagal Panen

Kepala Kantor Pertahanan (Kantah) Kabupaten Seluma Mursindo menyampaikan, di tahun 2023 1.500 bidang tanah yang ditargetkan harus terdaftar di program PTSL

"Alhamdulillah sudah capai target. Sebanyak 1.500 bidang tanah telah terdaftar dan tinggal dibagikan sertifikatnya ke pada para pemilik," sebut Mursindo. 

BACA JUGA:Jelang Jambore Cabang, Pemda Kaur Tinjau Lokasi Bumi Perkemahan

Lanjutnya Mursindo, untuk meningkatkan capaian sertifikat, Kantah Seluma rutin terjun ke lapangan untuk mengetahui kendala dan mencari solusi bersama perangkat desa.

BACA JUGA:40 Persen Hibah Pilkada KPU Seluma Belum Cair, Ini Tanggapan Bupati

Menurutnya, program PTSL ini pada dasarnya diadakan untuk membantu masyarakat mendapatkan kepastian hukum terhadap lahan yang dimiliki, dikuasai, dan dipergunakan.

BACA JUGA:Warga Desa Taba Padang Temukan Meriam Zaman Perang

"Dengan adanya program ini, masyarakat juga terbantu karena serifikat yang sudah diberikan sudah bisa langsung disekolahkan," ungkap Mursindo. 

Mursindo mengatakan, banyak dari masyarakat kurang menyadari pentingnya dari program PTSL ini. Padahal program ini sangat berguna dan tidak dipungut biaya.

BACA JUGA:KPU Mukomuko Gelar FGD Potensi Sengketa Pemilu 2024

Kendati begitu, masih tetap ada biaya prasertifikasi sebagaimana yang telah ditentukan oleh SKB 3 Menteri terkait pembiayaan persiapan program PTSL, serta didukung oleh Peraturan Bupati (Perbup) Kabupaten Seluma Nomor 22 tahun 2018 tentang Besaran Biaya Persiapan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Kabupaten Seluma. 

BACA JUGA:Hari Juang Kartika TNI AD ke-78, Kodim 0425/Seluma Gelar Bakti Sosial dan Penanaman Pohon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: