UNIVED dan UNIB Berkolaborasi Gelar Kosabangsa di Desa Lawang Agung Kabupaten Seluma

UNIVED dan UNIB Berkolaborasi Gelar Kosabangsa di Desa Lawang Agung Kabupaten Seluma

Kelompok Riset Universitas Dehasen Bengkulu bekerja sama dengan Universitas Bengkulu melaksanakan Kosabangsa tahun 2023. Seremonial Kosabangsa digelar di Kantor Kepala Desa Lawang Agung, Kecamatan Air Periukan, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Sabtu 1--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Kelompok Riset Universitas Dehasen Bengkulu bekerja sama dengan Universitas Bengkulu melaksanakan Kosabangsa tahun 2023. Seremonial Kosabangsa digelar di Kantor Kepala Desa Lawang Agung, Kecamatan Air Periukan, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Sabtu 16 Desember 2023.

Dalam pelaksanaannya, tema yang diusung berkaitan dengan "Teknologi Pemanfaatan Limbah Pabrik Kelapa Sawit untuk Produksi Cabai Hibrida UNIB, Produksi Konsentrat CURMIYEAST untuk Pakan Sapi dan Produksi Maggot Black Soldier Fly sebagai Pakan Ikan".

BACA JUGA:Universitas Dehasen Bengkulu Pamerkan Kreativitas Produk Wirausaha Mahasiswa

Program hasil kolaborasi antara dosen dan mahasiswa Program Studi Agribisnis UNIVED dan UNIB ini merupakan program hibah yang dinaungi oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Kosabangsa merupakan suatu program yang berarti Kolaborasi Sosial Membangun Masyarakat. 

Program ini terdiri dari Tim Pelaksana di antaranya Mujiono, S.Pd., M.Pd., Andwini Prasetya, S.TP., M. Ling., serta Evi Andriani, S.P., M.Si. serta didampingi Tim Pendamping yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. Dwi Wahyuni Ganefianti, MS., Prof. Dr. Ir. Endang Sulistyowati, M.Sc., dan Prof. Agustin Zarkani, S.P., M.Si., Ph.D.

BACA JUGA:Dorong Kreativitas Mahasiswa, Universitas Dehasen Bengkulu Gelar Acara One Day Entrepreneur

Acara yang digelar di Balai Pertemuan Kantor Desa Lawang Agung ini dihadiri oleh Kepala Perkebunan Provinsi Bengkulu mewakili Gubernur Bengkulu, Asisten Bupati mewakili Bupati Seluma, Camat Air Periukan, Rektor UNIVED Bengkulu, Ketua LPPM UNIB Bengkulu, Direktur PT. Agri Andalas, dan Pejabat di Wilayah Kerja Kecamatan Air Periukan.

Ketua pelaksana Kosabangsa, Mujiono, S.Pd., M.Si. melaporkan bahwa kegiatan merupakan kolaborasi hasil riset untuk diimplementasikan pada kepentingan masyarakat. Dosen Prodi Agribisnis UNIVED tersebut juga menyebut manfaatkan terdampak yakni masyarakat berjumlah 380 orang diimbaskan pada Gapoktan dan PKK Pertanian di selingkup Desa Lawang Agung.

Ketua Tim Pendamping, Prof. Dr. Ir. Dwi Wahyuni Ganefianti, MS., yang juga Dekan Fakultas Pertanian UNIB mengapresiasi respons masyarakat dan pemerintah Desa Lawang Agung karena telah berkolaborasi positif untuk menyukseskan Kosabangsa. Program yang digelar tak luput dari hasil riset yang digelar oleh dosen UNIB dan dilaksanakan oleh dosen UNIVED sehingga program Kosabangsa bisa direalisasikan kepada masyarakat.

BACA JUGA:Tiga Program Studi di Fakultas Hukum Unib, Terakreditasi Internasional

Rektor UNIVED, Prof. Dr. Husaini, S.E., M.Si. Ak. menyampaikan terima kasih pada Pemkab Seluma, Pemerintah Kecamatan Air Periukan, Pemerintah Desa Lawang Agung, dan masyarakat sasaran atas atensi yang diberikan. Selain itu, beliau berharap agar program yang digelar bermanfaat secara langsung dan dapat dikembangkan ke desa-desa lain sesuai dengan karakteristik desa.

H. Hendarsyah, S.IP., MT., selaku Asisten Pemerintahan dan Kesra Kebupaten Seluma, mewakili Bupati mengemukakan program yang digelar sangat selaras dengan program yang dicanangkan Bupati yakni Seluma Alap (Aksesibilitas, Lapangan Kerja, Adat Istiadat, dan Perekonomian). Luaran kegiatan yang dilaksanakan hasil kolaborasi UNIVED dan UNIB sangat selaras dan berdampak langsung pada masyarakat dan menunjang program yang telah dicanangkan.

Gubenur Bengkulu, diwakili oleh Kepala Perkebunan Provinsi Bengkulu, menyampaikan apresiasi atas kolaborasi yang terjalin sehingga memberi dampak yang positif. Kolaborasi antara dua universitas besar di Bengkulu, UNIB dan UNIVED, didukung Pemerintah dan masyarakat akan menjadikan suatu program yang bermanfaat dalam jangka panjang. Pemerintah menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan dan berharap akan dijadikan program berkelanjutan.

BACA JUGA:50 Mahasiswa Manajemen UNIB, Ikuti Program Mengajar Jasa Raharja Cabang Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: