Periode Libur Panjang, Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung Dilintasi 16.536 Kendaraan

Periode Libur Panjang, Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung Dilintasi 16.536 Kendaraan

Hutama Karya (Persero) mencatat peningkatan volume lalu lintas (VLL) kendaraan yang masuk ke Jalan Tol Bengkulu - Taba Penanjung selama arus libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) 2024.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Hutama Karya (Persero) mencatat peningkatan volume lalu lintas (VLL) kendaraan yang masuk ke Jalan Tol BENGKULU-Taba Penanjung selama arus libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) 2024.

Berdasarkan data dari Hutama Karya, total VLL kendaraan yang melintas di Tol Bengkulu-Taba Penanjung selama periode 18-25 Desember 2023 hanya 16.536 kendaraan. Meskipun ada peningkatan sebesar 70,58 persen dibandingkan VLL normal.

BACA JUGA:Belum Ada Kabar Lanjutan Tol Bengkulu - Lubuk Linggau, Ketua Komisi II: Pemerintah Provinsi Masih Berjuang

Branch Manager Tol Bengkulu-Taba Penanjung PT Hutama Karya (Persero), Medya Gustian, mengatakan bahwa peningkatan VLL ini menunjukkan bahwa masyarakat sudah mulai memanfaatkan jalan tol untuk berpergian. 

"Peningkatan VLL ini merupakan hal yang positif, karena menunjukkan bahwa masyarakat sudah mulai beralih menggunakan jalan tol sebagai alternatif transportasi yang lebih cepat dan aman," kata Medya pada Selasa 26 Desember 2023.

BACA JUGA:Antisipasi Satwa Masuk Perlintasan Jalan Tol, Hutama Karya Lakukan Ini

Medya mengatakan, Hutama Karya telah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi peningkatan VLL, antara lain dengan menambah petugas di lapangan, meningkatkan intensitas patroli, dan memastikan ketersediaan BBM di rest area.

"Kami juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan berkendara dengan aman," tutur Medya.

BACA JUGA:Resmikan Tol Bengkulu - Taba Pananjung, Joko Widodo: Lanjutan Jalan Tol Dalam Tahap Persiapan

Meskipun demikian, dikatakan Medya, jalan Tol Bengkulu - Taba Penanjung atau Kabupaten Bengkulu Tengah belum menghasilkan sesuai yang diharapkan. Semua masih memenuhi biaya operasional bahkan kerap rugi. 

"Meskipun ada kenaikan tapi belum seperti yang diharapkan. Bahkan kerap merugi," ungkapnya.

BACA JUGA:Arus Balik Lebaran, Volume Kendaraan di Jalan Tol Trans Sumatera Meningkat 33,10 Persen

Medya berharap, peningkatan VLL ini dapat terus berlanjut di masa yang akan datang. Dengan demikian, jalan tol dapat menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi di Bengkulu dan sekitarnya.

"Kami harapkan setiap pengendara mematuhi aturan lalu lintas, selama melintasi jalan tol," tutupnya.
(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: