28 Desember Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Film Pendek Nasional di AS

28 Desember Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Film Pendek Nasional di AS

Tahun ini, 28 Desember 2023 jatuh pada hari Kamis. Tanggal ini memperingati Hari Film Pendek Nasional di Amerika Serikat.--(Sumber Foto: Pexels)

BETVNEWS - Hampir setiap tanggal punya peringatan yang dirayakan setiap tahunnya, termasuk pada 28 Desember. Lalu, tanggal ini memperingati hari apa?

Tahun ini, 28 Desember 2023 jatuh pada hari Kamis. Tanggal ini memperingati Hari Film Pendek Nasional di Amerika Serikat.

Perayaan ini untuk memperingati peristiwa dimana serangkaian film pendek diputar dan disaksikan oleh publik untuk pertama kalinya.

BACA JUGA:27 Desember Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Kesiapsiagaan Epidemi Internasional

Selain itu, ada peringatan lain yang diperingati pada tanggal ini.

Berikut daftar peringatan yang jatuh pada tanggal 28 Desember:

1. Hari Film Pendek Nasional

Tanggal 28 Desember diperingati sebagai Hari Film Pendek Nasional setiap tahunnya. Peringatan ini diadakan untuk memperingati peristiwa dimana serangkaian film pendek diputar dan disaksikan oleh publik untuk pertama kalinya.

Pada tahun 1891, prototipe kinetoskop berhasil didemonstrasikan oleh Perusahaan Edison. Perangkat ini memungkinkan penayangan film oleh satu orang pada satu waktu. Tiga tahun kemudian, kinetoskop menjadi sensasi dan menyebabkan pendirian panti umum di seluruh dunia. 

BACA JUGA:25 Desember Memperingati Hari Natal, Simak Sejarah Perayaannya

Lumière bersaudaralah yang pertama kali menampilkan gambar bergerak melalui proyektor kepada 33 orang penonton yang membayar di Paris, Prancis pada tahun 1895. Alat yang digunakan untuk memutar film adalah penemuan mereka sendiri, 'Cinématographe', yang merupakan sebuah Kamera, proyektor, dan printer 3-in-1. Kedua bersaudara, Louis dan Auguste Lumière menyulut ketertarikan dunia terhadap sinema.

10 film pendek diproyeksikan, masing-masing berdurasi kurang dari satu menit. Ini merupakan momen yang luar biasa dalam sejarah, karena benih 'menonton film' ditanamkan pada hari ini. Maju cepat ke masa kini, dan kami memiliki film pendek dalam berbagai gaya, genre, dan durasi.

Film pendek tidak hanya menghibur, tetapi juga merupakan cara cepat untuk mendidik dan memberikan informasi melalui penyampaian cerita. Film dokumenter ini memberikan wawasan tentang kehidupan orang-orang nyata di seluruh dunia. 

BACA JUGA:24 Desember 2023 Memperingati Hut Kodam Jaya ke-74, Cek Daftar Peringatan lainnya Disini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: