Jelang Akhir Tahun 2023 Luangkan Waktu untuk Muhasabah, Cara Terbaik Memahami Diri Sendiri

Jelang Akhir Tahun 2023 Luangkan Waktu untuk Muhasabah, Cara Terbaik Memahami Diri Sendiri

Ilustrasi. Luangkan waktu untuk muhasabah di akhir tahun 2023.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Cara terbaik untuk memahami kembali diri sendiri adalah dengan muhasabah. Sebagai umat Islam, kita tentu perlu untuk terus berbenah diri. 

Bukan hanya pada saat jelang akhir tahun 2023 saja, muhasabah bisa dilakukan kapan pun dan di mana saja. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) VI, muhasabah dapat diartikan sebagai intropeksi diri. Sementara intropeksi adalah suatu peninjauan kembali terkait sikap, perbuatan, hingga kesalahan diri sendiri.

BACA JUGA:30 Desember Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Natrium Bikarbonat

Luangkanlah waktu sejenak untuk diri sendiri, sejenak bermuhasabah (merenungkan) segala apa yang terjadi pada kehidupanmu. Muhasabah adalah perilaku yang dianjurkan dalam Islam.

Dalam Islam, muhasabah memiliki tujuan agar dapat memperbaiki hubungan kepada Allah (habluminallah), hubungan kepada manusia (habluminannas), dan hubungan diri sendiri.

Sehingga hal ini penting bagi setiap orangh, tidak hanya berlaku pada diri sendiri namun juga kepada pemilik alam semesta dan sesama manusia.

BACA JUGA:Hati-hati, 4 Tanda Ini Bisa Jadi Kamu Tanpa Sadar Melukai Diri Sendiri, Salah Satunya Pura-pura Bahagia

Dengan melakukan muhasabah secara rutin termasuk menjelang akhir tahun 2023 ini, tentu akan sangat baik bagi kehidupan dan agar semakin terarah tujuan yang hendak dicapai.

Selain itu, kamu perlu menjadikan muhasabah ini sebagai kebutuhan. Sehingga hidup yang sedang dijalani dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Sebagaimana kita, tentu banyak persoalan yang terjadi dalam hidup dan problema tentang suatu tindakan selama hidup, hingga sebagai orang yang tak luput dari dosa.

BACA JUGA:Bukan Hal Sepele! Ini 4 Cara Terbaik Memaafkan Diri Sendiri, Nomor 2 Wajib Ada pada Dirimu

Berikut ini beberapa cara untuk menjalani muhasabah dalam kehidupan yang perlu kamu tahu dan lakukan, dikutip dari laman gramedia.com, yakni:

1. Mengevaluasi tentang niat, amalan dan dosa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: