Waspada Potensi Bencana Alam, BPBD Seluma Siapkan Langkah Hadapi Musim Hujan

Waspada Potensi Bencana Alam, BPBD Seluma Siapkan Langkah Hadapi Musim Hujan

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Alam (BPBD) Seluma, Hadi Susanto mengatakan, BPBD sudah mempersiapkan semuanya untuk menghadapi musim penghujan.--(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seluma menyiapkan langkah menghadapi musim penghujan, khususnya potensi banjir dan tanah longsor.

Persiapan ini dilakukan karena curah hujan yang tinggi di bulan Januari serta Kabupaten Seluma yang mempunyai beberapa titik rawan bencana alam.

BACA JUGA:Soal Pungutan di Pantai Cemoro Sewu, Bapenda Bantah Beri Izin untuk Pemuda Pancasila

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Alam (BPBD) Seluma, Hadi Susanto mengatakan, BPBD sudah mempersiapkan semuanya untuk menghadapi musim penghujan.

"Kami sudah menyiagakan seluruh tim maupun alat dan lainnya, itu semua sebagai kesigapan kami dalam menghadapi musim penghujan," kata Hadi Susanto.

BACA JUGA:Revisi UU Otonomi Daerah, Perkuat Kewenangan Gubernur Sebagai Perwakilan Pemerintah Pusat

Menurut Kepala BPBD Seluma, ada beberapa titik di Kabupaten Seluma yang rawan bencana alam ketika di musim penghujan, seperti banjir dan longsor setiap tahunnya. Seperti Kecamatan Sukaraja, Kecamatan Seluma Selatan, Kecamatan Talo Kecil, dan Kecamatan Lubuk Sandi.

BACA JUGA:Pasca Kebakaran, Siswa SMKN 3 Bengkulu Akan Belajar dengan Sistem Shift dan Daring

Ia juga meminta kepada masyarakat yang berada di area tersebut agar berhati-hati dan mempersiapkan diri menghadapi musim hujan.

BACA JUGA:Wisata Napal Jungur Seluma Makan Korban, Remaja 19 Tahun Meninggal

"4 Kecamatan tersebut sangat rawan bencana alam, terlebih kecamatan Lubuk Sandi sangat sering bencana longsor dan banjir disebabkan letak geografisnya yang memang rawan. Untuk masyarakat di wilayah tersebut agar mempersiapkan diri dan hati-hati saat memasuki musim penghujan," kata Plt Kepala BPBD Seluma.

BACA JUGA:KPU Kota Bengkulu Jemput Pengurusan Pindah Memilih

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan personel yang siap siaga menerima dan merespon cepat aduan masyarakat terkait banjir dan longsor.

"Personel kami juga selalu siap siaga stand by di BPBD untuk menerima laporan dan melakukan respon di lapangan jika ada bencana. Apabila membutuhkan pertolongan silahkan lapor," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: