PWI Bengkulu Bersama BUMN Gelar UKW, Ciptakan Wartawan Profesional dan Berakhlak

PWI Bengkulu Bersama BUMN Gelar UKW, Ciptakan Wartawan Profesional dan Berakhlak

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkulu berkolaborasi dengan 2 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni BNI dan ASDP menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW), di Mercure Hotel Bengkulu, Kamis 25 Januari 2024.--(Sumber Foto: Abdu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) BENGKULU berkolaborasi dengan 2 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni BNI dan ASDP menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW), di Mercure Hotel BENGKULU, Kamis 25 Januari 2024.

BACA JUGA:Belum Tersentuh Pembangunan, Warga Ujan Mas-Kabawetan Swadaya Perbaiki Jalan Rusak

Dalam UKW ke-21 ini, sebanyak 34 wartawan dari 3 jenjang akan mengikuti diuji kompetensi selama 2 hari tanggal 25 Januari-26 Januari 2024.

BACA JUGA:Pejabat Eselon 2 Pemkab Seluma Ikut Jobfit, Jabatan Staf Ahli Jadi Primadona

Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Murlin Hanizar mengatakan, dalam melaksanakan tugas jurnalistik seorang wartawan harus mempunyai standar kompetensi dan mematuhi kode etik jurnalistik.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah Manfaat Keramas dengan Air Kelapa, Atasi Ketombe Hingga Jaga Kilau Rambut

Untuk itu, dirinya berharap melalui UKW seluruh peserta tahu bagaimana menjadi seorang wartawan yang berkompeten dan profesional.

BACA JUGA:Nggak Pake Lama! Yuk Daftar BPJS Kesehatan Secara Online dari Mana Saja, Cek Persyaratannya

"Nanti pada saat menjalankan tugas jurnalistik, dengan kemampuan yang baik dan sesuai aturan, kemudian juga secara penyajian berita juga menarik secara faktual sehingga kompetensi seorang wartawan itu memang terlihat," kata Murlin Hanizar. 

Sementara itu, Direktur Uji Kompetensi Wartawan PWI Pusat, Firdaus Komar mengungkapkan, wartawan harus memenuhi 3 aspek , yakni menaati kode etik jurnalistik, peningkatan pengetahuan serta skill dan keterampilan.

Sehingga melalui UKW, wartawan ditekankan harus menjadi profesional dan berakhlak.

BACA JUGA:UKW SMSI-UPDM, Pemprov: Dukung Sertifikasi Wartawan

"Kalau kita uraikan apa itu profesional dan berakhlak itu ada 3 aspek, pertama mereka menaati kode etik, kemudian mereka mempunyai pengetahuan dan ketiga itu memiliki skill dan kemampuan. Bagaimana mau menjadi profesional kalau kemampuan ga ada," kata Firdaus Komar.

BACA JUGA:Dibuka Langsung Plt Gubernur, UKW Angkatan V diikuti 98 Peserta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: