Bikin Haru, Ini Kisah Sahabat Nabi Muhammad SAW, Abu Dujanah Hidup dengan Sederhana dan Jujur

Bikin Haru, Ini Kisah Sahabat Nabi Muhammad SAW, Abu Dujanah Hidup dengan Sederhana dan Jujur

Ilustrasi. Kisah Abu Dujanah sahabat Nabi Muhammad SAW yang hidup sederhana.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Sahabat Nabi Muhammad SAW satu ini juga memiliki kisah luar biasa dan tentunya dapat menjadi teladan dalam kehidupan. Kisah Abu Dujanah yang hidup dengan sederhana dan jujur.

Memiliki nama lengkap Abu Dujanah Simak bin Kharasha, ia adalah sahabat Nabi yang senantiasa taat kepada Allah SWT. Abu Dujanah juga dikenal sebagai orang pemberani di medan perang.

Tidak hanya itu, beliau juga dikenal sangat peduli dan menjaga keluarganya dari sesuatu hal yang diharamkan.

BACA JUGA:Kisah Abu Lubabah Sahabat Nabi Muhammad SAW, Ini Awal Mula Berkhianat hingga Bertobat

Pada masa kenabian Rasulullah, Abu Dujanah diketahui saat selesai sholat tidak lagi membaca doa dan langsung pulang. Bahkan tanpa menunggu Nabi Muhammad SAW selesai dalam berdoa.

Rasulullah pun menyadari perilaku Abu Dujanah tersebut berbeda, hingga suatu ketika beliau pun bertanya pada Abu Dujanah.

"Wahai Abu Dujanah, apakah engkau tidak memiliki permintaan yang perlu engkau panjatkan ke hadirat Allah sehingga engkau sering meninggalkan masjid sebelum aku selesai berdoa?"

BACA JUGA:Namanya Qais bin Shirmah, Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Pingsan saat Puasa, Cek Kisahnya di Sini

Abu Dujanah pun menjawab, "ini karena ada pohon kurma yang menjuntai di pekaranganku. Pohon ini bukan milikku. Jadi aku buru-buru membersihkannya dan kurma itu aku serahkan kepada pemiliknya, yakni tetanggaku (dikenal sebagai seorang yang munafik). Aku melakukannya tanpa sedikit pun diberi dan mengharapkan imbalan. Hal ini aku lakukan juga agar anak-anakku tidak memakan kurma tersebut karena kurma itu tidak halal untukku dan keluargaku."

"Tetapi, suatu ketika aku jumpai anakku sudah lebih dahulu bangun dan kulihat dia tengah memakan kurma tersebut. Oleh karena itu, aku datangi anakku dan lekas aku masukkan tanganku agar bisa mengeluarkan kurma tersebut dari mulutnya. Namun saking kencangnya, anakku menangis berlinangan air mata. Begitulah ya Rasulullah," jelas Abu Dujanah.

BACA JUGA:Masya Allah, Kisah Abu Thalhah Sahabat Nabi Muhammad SAW, Jasadnya Utuh dan Dijamin Masuk Surga

Abu Dujanah adalah seseorang yang tidak berpunya hidup dalam kesederhanaa, sehingga anaknya sering merasa kelaparan. Inilah alasan kenapa ia tidak berdoa lebih dulu, dikarenakan hendak mengumpulkan kurma yang bukan ia pemiliknya.

Sebelum anak-anaknya terbangun, beliau pun mengumpulkan kurma-kurma yang jatuh di perkarangan rumah, setelah itu kurma tersebut pun dikembalikan kepada pemiliknya.

Lantas Abu Dujanah bercerita kepada Nabi Muhammad SAW, bahwa pernah ketahuan anaknya sedang memakan kurma yang telah terjatuh dari pohon tetangga. Sehingga ia berusaha sekuat tenaga agar kurma tersebut keluar dari mulut si anak (terlanjur dimakan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: