Dorong Pertumbuhan Ekonomi Inklusif, KPw BI Bengkulu Dukung UMKM Naik Kelas

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Inklusif, KPw BI Bengkulu Dukung UMKM Naik Kelas

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Bengkulu terus berkomitmen mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif, salah satunya dengan mendukung UMKM di Bengkulu agar bisa Scale Up (Naik Kelas) dan Bankable. --(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Bengkulu terus berkomitmen mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif, salah satunya dengan mendukung UMKM di Bengkulu agar bisa Scale Up (Naik Kelas) dan Bankable. 

Untuk itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu menggelar program Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI) dan Petani Unggulan Bank Indonesia (PUBI). Hal ini disampaiakn Oleh Drjana selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Indonesia Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Antisipasi Kenaikan Inflasi, Pemkot Bengkulu Siapkan Langkah-langkah Strategis

“Melalui program WUBI dan PUBI diharapkan para peserta dapat meningkatakan kapasitas dan kapabilitas untuk menyukseskan program UMKM Naik Kelas dan menjadi program percontohan bagi petani dan pelaku UMKM yang tersebar di Provinsi Bengkulu,” sampainya kepada BETVNEWS Minggu 28 Januari 2024.

Lanjut Darjana, BI akan juga berupaya untuk terus bersinergi dengan pihak-pihak lainnya untuk membuat pelaku UMKM bankable atau memenuhi persyaratan bank untuk mendapatkan kredit usaha. 

BACA JUGA:Pamit Jaring Ikan, Kakek 84 Tahun Asal Seluma Ditemukan Meninggal di Pinggir Pantai

Khususnya dalam hal penguatan kelembagaan, perluasan kemitraan, dan pengembangan model bisnis. 

"Dengan upaya penguatan tersebut diharapkan pelaku usaha dapat menjadi lebih bankable sehingga akses pembiayaan kepada perbankan dan lembaga keuangan lainnya dapat semakin mudah," sambung Darjana.

BACA JUGA:Lampu Lalu Lintas Simpang Sekip Sempat Mati Seharian, Ini Penjelasan Dishub

Program WUBI dan PUBI yang telah dilakukan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu selama tahun 2023 telah melalui proses yang panjang mulai dari tes perekrutan hingga pendampingan yang terbagi dalam 3 (tiga) tahapan. 

Saat ini bagi peserta yang berhasil melalui serangkaian tahapan tersebut secara resmi menjadi WUBI dan PUBI.

BACA JUGA:Persiapan Musim Tanam Kedua 2024, Distan Seluma Usulkan Bantuan 160,5 Ton Benih Padi

Selain itu, para peserta diharapkan dapat menyebarluaskan ilmu dan manfaat yang didapatkan dari program ini kepada kelompok usaha yang dimiliki dan pelaku usaha yang ada di daerah.

Dengan begitu, peserta dapat memberikan manfaat dan dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif di Provinsi Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: