Pemasangan Listrik Gratis Masih Dibuka, Pendaftaran Sudah Capai 600 Rumah

Pemasangan Listrik Gratis Masih Dibuka, Pendaftaran Sudah Capai 600 Rumah

Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, Donni Swabuana, S.T.,M.Si mengatakan, sejak dibuka pendaftaran sampai saat sudah ada sekitar 600 pendaftar sebagai penerima. --(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pemasangan sambungan listrik gratis program Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu tahun 2024 masih membuka pendaftaran sejak digulirkan per tanggal 16 Januari lalu. 

Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, Donni Swabuana, S.T.,M.Si mengatakan, sejak dibuka pendaftaran sampai saat sudah ada sekitar 600 pendaftar sebagai penerima. 

Ia memperkirakan pendaftar terus bertamabah hingga penutupan pendaftaran.

BACA JUGA:Tingkatkan Minat Baca, Perpusda Seluma Usulkan 2 Unit Motor Perpustakaan Keliling

"Untuk pendaftaran cukup antusias terutama melalui hotline WhatsApp setiap hari 50-100 pendaftar. Kemudian kita telah bersurat ke pemerintah kabupaten/kota untuk segera menyampaikan data usulan," kata Donni pada Senin 29 Januari 2024.

BACA JUGA:Persiapan Pemilu 2024, Komisioner KPU Kota Bengkulu: Sudah Capai 80-90 Persen

Dilanjutkan Donni, diperkirakan hingga penutupan pendaftaran bisa mencapai 2 ribuan karena masih banyak rumah warga yang belum tersambung listrik.

"Kalau dilihat trennya kemungkinan bisa sampai 2.000. Jika nanti melebihi kuota kita akan upayakan pola lain untuk mengakomodir terutama soal support pendanaan," ungkapnya.  

BACA JUGA:Bupati Pastikan Krisis Listrik di Kabupaten Mukomuko Teratasi Tahun Ini

Ia menjelaskan, untuk proses verifikasi terhadap usulan yang masuk merujuk pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan data penyasaran Percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem (P3KE) dari Bappeda disamping juga seleksi yang melibatkan pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Dengan begitu, nantinya penerima SR subsidi pemerintah adalah orang yang benar-benar dinilai berhak yakni dengan kategori tidak mampu. 

BACA JUGA:Soal Nasib Honorer Tahun 2024, Ini Pesan Gubernur Rohidin Mersyah ke OPD

"Untuk proses verifikasi melibatkan PLN, mereka nanti yang akan melakukan seleksi apakah mereka layak menerima sambungan listrik subsidi pemerintah ini. Untuk kategori tidak mampu nanti akan dinilai Bappeda masing-masing dan Dinas Sosial," terangnya. ​

BACA JUGA:Bekerja Sama dengan Kimia Farma, Ketersediaan Obat di RSUD Mukomuko Berangsur Terpenuhi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: