Dana Hibah Pilkada KPU Seluma Belum Tuntas, Begini Respon Pemda

Dana Hibah Pilkada KPU Seluma Belum Tuntas, Begini Respon Pemda

Almedian Saleh, Asisten 2 Pemkab Seluma --(Sumber Foto: Wisnu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Asisten 2 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma Almedian Saleh, pastikan dana hibah Pilkada Komisi Pemiihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma, akan segera dituntaskan. Pasalnya, dana hibah pilkada tersebut, memang masi jauh dari NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) yang harus dicarikan sebesar Rp26 miliar.

BACA JUGA:Sering Pilek? Mungkin Kamu Mengidap Penyakit Sinusitis, Kenali Gejala Lain dan Penyebabnya di Sini!

Asisten 2 Pemkab Seluma, Almedian Saleh membenarkan hal tersebut, bahwa saat ini hibah Pilkada KPU Seluma, yang harus dicarikan sebesar Rp26 miliar dengan 2 tahap.

Tahap pertama di tahun 2023 lalu harus sudah dicarikan sebesar 40 persen atau sebesar Rp10,4 milyar dan di tahun 2024 ini dicairkan 60 persen atau sebesar Rp15,6 milyar, memang belum dituntaskan oleh pihaknya Pemkab Seluma, yang baru mencairkan hal tersebut sebesar Rp5 milyar, karena keuangan daerah untuk mencairkan hal ini belum mencukupi.

BACA JUGA:Kejari Seluma Pastikan Usut Tuntas Kasus Dugaan Penyalahgunaan Dana Fiskal Stunting

"Memang pencairan hibah pilkada ini masi jauh dari jumblah yang harus dicairkan dan disepakati. Tapi Pemkab Seluma telah mengupayakan hal ini," ungkap Almedian Saleh, Selasa 30 Januari 2024.

BACA JUGA:Catat! Ini Fitur, Spesifikasi dan Harga Terbaru iPhone 11 per Januari 2024, Tertarik Beli?

Untuk itu, mengingat pencairan dana hibah pilkada KPU ini memang masi jauh dari jumblah NPHD yang telah disepekati, dan pencairan ini pun harus segera diselesaikan, karena tahapan Pemilu dan Pilkada pun sudah mulai dilaksanakan oleh KPU Seluma, serta hal tersebut pun telah tertuang dalam Surat Edaran Kemendagri Nomor 900.1.9.1/16888/Keuda/ bahwa hibah pilkada ini harus dibayar lunaskan.

BACA JUGA:Musim Hujan, DBD di Seluma Capai 27 Kasus Selama Januari

Maka, menyikapi hal ini, Asisten 2 Pemkab Seluma Almedian Saleh, pastikan dana hibah pilkada KPU Seluma baik pencairan 40 persen dan 60 persen akan segera dituntaskan.

BACA JUGA:Sama-sama Dilengkapi Kamera 12MP, Ini Perbandingan Spesifikasi iPhone XR dan SE Lengkap Harga per Januari 2024

"Insyaallah dalam waktu dekat akan segera dituntaskan. Karena jangan sampai hal ini menghambat proses berjalannya Pemilukada," pungkasnya.

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: