DPD RI Ungkap Progres Pemekaran 3 Wilayah Otonomi Baru di Provinsi Bengkulu

DPD RI Ungkap Progres Pemekaran 3 Wilayah Otonomi Baru di Provinsi Bengkulu

Anggota Dewan Perwakilan Daerah atau DPD Republik Indonesia (RI) Ahmad Kenedi, SH, MH --(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Anggota Dewan Perwakilan Daerah atau DPD Republik Indonesia (RI) Ahmad Kenedi, SH, MH mengungkapkan progres pemekaran 3 wilayah otonomi baru di Provinsi BENGKULU.

Tiga wilayah otonomi baru yang direncanakan akan dilakukan pemekaran, yakni wilayah Bumi Pekal yang saat berada di Kabupaten Bengkulu Utara. Kemudian wilayah Lembak di Kabupaten Rejang Lebong dan wilayah Curup direncanakan menjadi Kota Madya.

BACA JUGA:Menurut Primbon Jawa: 3 Weton Ini Sangat Disukai oleh Khodam Leluhur, Katanya Punya Aura Energi Suci

"Daerah yang diusulkan menjadi otonomi baru Lembak, Bumi Pekal dan Kota Curup saat on the track," kata Bang Ken sapaan akrab Ahmad Kenedi, Jumat 2 Februari 2024.

Ia mengatakan, wilayah otonomi baru Kabupaten Lembak saat ini masih dalam tahapan-tahapan. Sementara Kota Curup masih dalam pembahasan karena jika wilayah Lembak menjadi otonomi baru Kabupaten Lembak maka secara otomatis Kota Curup menjadi Kota Madya.

BACA JUGA:Asam-asam Berkhasiat! Inilah 10 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan, Menghilangkan Komedo hingga Cegah Anemia

"Saya selaku senator memiliki komitmen terus mengawal menjadi otonomi baru sampai jadi. Namun kepentingan perlu kekompakan semua pihak," terangnya.

Untuk wilayah Bumi Pekal sudah sangat memenuhi syarat bahkan berdasarkan hasil study kelayakan potensi. Tinggal keputusan di level political will atau keputusan politik antara pemerintah dan DPR.

BACA JUGA:Mengundurkan Diri, Dinas PMD Sambangi Kediaman Kades Kungkai Baru

"Ini perlu kekompakan dan solid serta suport dari oragnisasi masyarakat Bengkulu di Jakarta untuk mendorong di leve loby," ungkapnya.

Secara konsep Kota Curup dan wilayah Lembak akan saling terintegrasi. Dimana nanti Kota Curup akan menjadi sentral dagang dan olahan pasca pane serta menjadi kota pendidikan dan industri kreatif.

BACA JUGA:Jangan Asal Beli! Simak 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli iPhone Bekas

BACA JUGA:2023, Angka Pengangguran di Kota Bengkulu Turun

"Dua wilayah ini akan saling terintegrasi Kabupaten Lembak pertanian dan Kota Curup sentral pasca panen dan perdagangan," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: