Sering Dianggap Gulma, Berikut Sederet Manfaat Bandotan untuk Kesehatan, Obati Luka Luar hingga Cegah Anemia

Sering Dianggap Gulma, Berikut Sederet Manfaat Bandotan untuk Kesehatan, Obati Luka Luar hingga Cegah Anemia

Jarang diketahui! Berikut manfaat tanaman herbal bandotan untuk kesehatan, obati luka luar hingga cegah anemia--(Sumber Foto : iStockPhoto)

BETVNEWS - Tanaman bandotan atau dikenal juga dengan nama babadotan merupakan tanaman herbal yang tumbuh liar dan seringkali dianggap sebagai tanaman gulma. 

BACA JUGA:6 Tanaman Ini Dipercaya Dapat Menangkal Santet, Menurut Primbon Jawa Bagus di Tanam Depan Rumah

Tanaman ini biasanya tumbuh subur di taman, tanah pertanian, hingga tempat-tempat lain sehingga dianggap sebagai gulma invasif. 

Meski seringkali dianggap gulma, tanaman ini juga kerap digunakan untuk pengobatan tradisional oleh masyarakat Indonesia terutama yang tinggal di wilayah desa dimana tanaman ini mudah untuk dijumpai. 

Tanaman dengan nama latin Ageratum conyzoides ini ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Tanaman ini dapat dimanfaakan daun, akar dan bunganya sebagai obat herbal. 

BACA JUGA:Inilah 7 Tanaman yang Dipercaya Mendatangkan Rezeki Bagi Pemiliknya, Coba Tanam di Halaman Rumahmu!

Hal ini karena tanaman bandotan mengandung banyak zat aktif seperti alkaloid, saponin, flavonoid, kumarin, eugenol, polifenol, tanin, dan juga minyak astiri sehingga tanaman ini memiliki sifat anti-inflamasi, anti alergi, antioksidan, antibakteri hingga antilitik. 

Dengan beragam kandungan tersebut, bandotan dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh yang dapat kamu simak dalam artikel berikut. 

BACA JUGA:Bawa Hoki, 6 Tanaman Ini Dipercaya dapat Membawa Keberuntungan, Yuk Tanam di Rumah!

Manfaat Tanaman Bandotan untuk Kesehatan

1. Turunkan Resiko Diabetes

Manfaat tanaman bandotan yang pertama adalah untuk menurunkan resiko diabetes. Manfaat ini diperoleh dari kandungan alkaloid, kardenolida, sapinin dan juga tanin yang ada di dalam ekstrak daun ini. 

Tak hanya itu, kandungan mineral seperti magnesium, kalium, dan zat besi yang ada pada ekstrak daun bandotan ini juga dapat mengurangi resiko komplikasi diabetes seperti hipertensi dan penyakit jantung. 

BACA JUGA:Bawa Hoki, 6 Tanaman Ini Dipercaya dapat Membawa Keberuntungan, Yuk Tanam di Rumah!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: