Longsor di Desa Taba Renah, Akses Jalan Curup-Lebong Lumpuh

Longsor di Desa Taba Renah, Akses Jalan Curup-Lebong Lumpuh

Bencana alam longsor kembali terjadi di terjadi di wilayah Kabupaten Rejang Lebong, tepatnya di jalan raya Desa Taba Renah Kecamatan Curup Utara, Minggu (11/02), yang mengakibatkan akses jalan dari Kota Curup menuju Kabupaten Lebong putus total akibat bad--(Sumber Foto: Daman/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Bencana alam longsor kembali terjadi di terjadi di wilayah Kabupaten Rejang Lebong, tepatnya di jalan raya Desa Taba Renah Kecamatan Curup Utara, Minggu (11/02), yang mengakibatkan akses jalan dari Kota Curup menuju Kabupaten Lebong putus total akibat badan jalan tertutup material longsor.

BACA JUGA:Wanti-wanti Ketua Bawaslu Rejang Lebong Memasuki Masa Tenang Pemilu 2024

Kepala Desa Taba Renah Yus Hendri saat diwawancara mengatakan, bencana longsor ini terjadi sekitar jam 02.00 WIB, yang diduga akibat hujan deras yang melanda, sehingga mengakibatkan tanah longsor dari tebing yang berada dipinggir jalan.

BACA JUGA:H-7 Pencoblosan, KPU Rejang Lebong Lantik PAW 2 Anggota PPS

Untuk kejadian ini, pertama kali diketahui oleh warganya bernama Rodi Cahyadi yang mendengar suara dentuman yang ternyata lonsor.

“Malam tadi dia (Rodi Cahyadi, red) yang pertama yang memberikan informasi, katanya ada dua kali dentuman, ada dentuman pertama dan setelah itu ada dentuman kedua” katanya.

BACA JUGA:Pemda Rejang Lebong Input Usulan PPPK dan ASN 2024

Akibat longsor tersebut, Yus Hendri menyebutkan material tanah bercampur dengan batang bambu setinggi 5 meter menutupi badan jalan sepanjang 40 meter, yang berada tak jauh dari jembatan Desa Taba Renah.

BACA JUGA:Cek Spesifikasi dan Harga iPhone 15, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max Terbaru Februari 2024

Selain itu, untuk bencana longsor ini juga pernah terjadi pada beberapa tahun lalu ditempat yang sama.

“Dulu memang ada kejadian serupa yang lebih besar, kurang lebih 5 kali panjangnya dan tinggi tumpukan materialnya, ditahun 2019 di bulan yang sama bulan Maret juga” sebutnya.

BACA JUGA:KPU Rejang Lebong Kebut Pengepakan Logistik Pemilu 2024

Sementara akibat tertutupnya badan jalan dengan material lonsor, tim reaksi cepat (TRC) Badan Penangulanggaan Bencana Daerah (BPBD) dibantu pihak TNI dari Kodim 0409/Rejang Lebong lonsor masih melakukan evakuasi material dengan menggunakan alat berat ekskavator dan mengerahkan puluhan truk untuk mengangkut material tanah longsoran.

BACA JUGA:PT PGE Hululais Digugat Petani Lebong Akibat Dampak Banjir Bandang dan Longsor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: