Harga Beras Naik, Masyarakat Beralih ke Beras Bulog dan Lokal

Harga Beras Naik, Masyarakat Beralih ke Beras Bulog dan Lokal

Harga beras terpantau tinggi, seperti di pasar mingguan dan toko grosir beras di wilayah Bengkulu Tengah.--(Sumber Foto: Ronal/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Harga beras terpantau tinggi, seperti di pasar mingguan dan toko grosir beras di wilayah Bengkulu Tengah.

Harga beras hari ini Kamis 29 Februari 2024, untuk Harga beras medium terendah Rp 14.000 per kilogram, sedangkan untuk Harga beras tertinggi diangka Rp 16.000 per kilogram.

BACA JUGA:Stabilisasi Harga Beras Menjelang Bulan Ramadan, Ini Langkah Pemprov Bengkulu

Untuk harga beras premium harga terendah Rp 16.000 per kilogram, sedangkan untuk harga tertinggi beras premiun Rp 18.000 per kilogram.

Salah satu penjual beras di pasar mingguan Hakimin, harga beras semakin naik terasa sejak memasuki awal tahun 2024 hingga sekarang.

Bahkan stoknya pun mulai berkurang. Ada beberapa faktor penyebabnya seperti gagal panen, dan peralihan fungsi lahan sawah menjadi kebun sawit.

BACA JUGA:Harga Pangan di Kota Bengkulu: Cabai dan Ayam Potong Naik, Beras Stabil Hari Ini

"Harga beras naik, masyarakat saat ini lebih memilih beras medium seperti bulog dan lokak dengan harga terjangkau ketimbang membeli beras premium," jelas Hakimin.

BACA JUGA:Penyaluran Bantuan Beras PKE Dihentikan Sementara, Dilanjutkan Sesudah Pemilu

Di sisi lain, kenaikan beras bukan hanya di pasar mingguan melainkan terjadi di kios beras, seperti diungkapkan pemilik kios beras Riwdan, stok beras medium dan premium mulai berkurang, selain itu juga kualitas beras juga berkurang terutama beras lokak.

"Sering ditemukan beras medium atau beras lokak yang kualitas berkurang, seperti banyak padi, kotor dan berbatu," kata Ridwan. 

(Ronal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: