Ini Prediksi Awal Ramadhan 2024 Versi Pemerintah, Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah, Tanggal Berapa?

Ini Prediksi Awal Ramadhan 2024 Versi Pemerintah, Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah, Tanggal Berapa?

Ini prediksi awal ramadhan 2024 versi pemerintah, nahdatul ulama dan muhammadiyah, tanggal berapa?--(Sumber Foto: iStockPhoto)

BETVNEWS - Bulan Ramadhan yang semakin dekat membuat banyak orang bertanya-tanya kapan Ramadhan 2024 ini akan dimulai sehingga banyak dari mereka yang mencari prediksi awal Ramadhan 2024. 

BACA JUGA:Tinggal Menghitung Hari, Inilah Dalil dan Hukum tentang Puasa Ramadhan 2024

Penetapan awal Ramadhan seperti yang diketahui biasanya berbeda antara Pemerintah, Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah lantaran ketiganya memiliki metode yang berbeda dalam proses pengamatan hilal yang menjadi asal mula penetapan awal ramadhan. 

Perbedaan dari masing-masing lembaga dalam menentukan awal dari bulan suci ini menjadikan munculnya kemungkinan terdapat perbedaan tanggal yang terjadi. 

BACA JUGA:Berkah Ziarah Jelang Bulan Ramadhan, Pedagang Kembang Raup Untung

Penetapan awal Ramadhan biasanya dilakukan dengan pengamatan hilal secara global atau rukyatul hilal. Dalam pengamatan sementara, puasa diperkirakan akan jatuh pada tanggal 12 Maret 2024. 

Meski demikian, penetapan ini belum menjadi keputusan resmi lantaran penetapan awal puasa resmi biasanya dikeluarkan oleh ketiga lembaga, yaitu  NU, Muhammadiyah dan juga Pemerintah.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Gelar Pasar Murah, Penuhi Kebutuhan Jelang Bulan Ramadhan

Pemerintah biasanya akan merilis pernyataan mengenai awal Ramadhan pada sidang isbat yang disiarkan hampir di seluruh siaran televisi agar dapat mencapai seluruh wilayah Indonesia. 

Untuk kamu yang ingin tahu prediksi awal puasa Ramadhan versi Versi Pemerintah, Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah, kamu dapat menyimak informasi yang telah BETV rangkum dari beberapa sumber dalam artikel berikut. 

BACA JUGA:Tidak Bisa Sembarangan, Inilah 7 Syarat Wajib Puasa Ramadhan, Salah Satunya Sudah Baligh

Prediksi Awal Puasa Ramadhan 2024 Versi Pemerintah

Apabila dilihat dari kalender Islam Hijriah 2024 yang dirilis oleh Kementrian Agama Republik Indonesia, awal puasa Ramadhan akan dimulai pada Selasa, 12 Maret 2024.

Meski demikian, tanggal tersebut belum resmi lantaran pemerintah mesti melakukan sidang isbat terlebih dahulu untuk menentukan awal puasa Ramadhan tersebut setelah melakukan pengamatan hilal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: