8 Amalan Hari Jumat Ini Perlu Kamu Lakukan, Insya Allah Berlimpah Keberkahan

8 Amalan Hari Jumat Ini Perlu Kamu Lakukan, Insya Allah Berlimpah Keberkahan

Ilustrasi. Amalan yang dapat dilakukan di hari Jumat.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Setiap hari Jumat ada beberapa amalan yang dianjurkan, sehingga setiap orang khususnya kaum laki-laki bisa mendapat keberkahan dalam beribadah.

Berbeda dengan hari lainnya, Jumat menjadi hari yang istimewa sehingga kaum laki-laki berkewajiban menunaikan salat Jumat di masjid.

Sebagai umat Islam, tentu mengetahui bahwa ada sejumlah amalan yang perlu dilakukan saat hari Jumat. Tidak hanya laki-laki, setiap perempuan juga dapat melakukan beberapa amalan di hari Jumat.

Meskipun tentunya kedua makhluk Allah tersebut memiliki perbedaan saat menjalankan amalan tersebut. Lantas, apa saja amalan hari Jumat yang dianjurkan tersebut?

BACA JUGA:Keutamaan Baca Sholawat Fatih, Amalan yang Dapat Menjauhkanmu dari Siksa Api Neraka, Yuk Rutinkan!

Diketahui hari Jumat adalah hari yang istimewa bagi umat Islam, tidak hanya salat Jumat bagi kaum laki-laki, ternyata amalan sunah hari Jumat juga dilakukan wanita muslim.

Memasuki hari Jumat, tentu menjadi hal yang perlu disyukuri. Istimewanya hari tersebut karena Adam diciptakan, di hari Jumat pula Adam dimasukkan ke dalam Surga, kemudian Adam dikeluarkan dari surga pada hari Jumat, Lalu di hari yang sama Kiamat akan terjadi.

Sehingga dalam hal ini, hari Jumat identik dengan berlimpahnya keberkahan dan pahala bagi mereka yang mengerjakan sunah di hari tersebut. Bagi siapa yang menjalankan amalan-amalan baik pada hari Jumat, akan mendapat rahmat dari Allah.

BACA JUGA:Terputuslah Semua Amalan di Dunia Saat Seseorang Meninggal Dunia, Terkecuali Diberkahi 3 Amalan Ini

Amalan hari Jumat

Dikutip berbagai sumber, adapun 8 amalan yang dianjurkan tersebut, yakni:

1. Perbanyak doa

Disunahkan untuk memperbanyak doa, baik kaum laki-laki maupun wanita. Hal ini disunahkan pada hari Jumat. Syekh Jalaluddin al-Mahalli berkata,

"Dan sunnah memperbanyak berdoa pada hari Jumat karena berharap bertepatan dengan waktu ijabah." (Jalaludin Muhammad bin Ahmad Al-Mahalli, Syarah Minhaj at-Thalibin, juz 1, halaman: 334, Al-Hidayah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: