Penuh Keberkahan, Ini 9 Keutamaan Hari Jumat bagi Umat Islam, Waktu Istimewa Perbanyak Ibadah

Penuh Keberkahan, Ini 9 Keutamaan Hari Jumat bagi Umat Islam, Waktu Istimewa Perbanyak Ibadah

Ilustrasi. Keutamaan hari Jumat bagi umat Islam.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Tidak seperti hari pada umumnya, hari Jumat menjadi salah satu waktu ibadah bagi umat Muslim di dunia. Bagi laki-laki yang sudah baligh, berkewajiban untuk menunaikan sholat Jumat di hari Jumat.

Terdapat keutamaan hari Jumat dalam Islam, sehingga waktu tersebut digunakan untuk memperbanyak amalan ibadah. Misalnya membaca surah Al Kahfi dan melakukan amalan lainnya.

Dijelaskan dalam Al-Qur'an dan hadits Nabi Muhammad SAW, tentang pentingnya hari Jumat sebagai hari yang istimewa, baik dalam mengerjakan ibadah maupun spiritualitas.

BACA JUGA:Segera Amalkan! Baca Sholawat Ummi Ini, Insya Allah Dosa 80 Tahun Diampuni

Dalam keutamaan hari Jumat, terdapat amalan yang dianjurkan bagi seluruh umat Muslim di Dunia, bahkan bisa mendatangkan pahala berlimpah. Sebagai hari yang istimewa bagi umat Islam, tidak hanya salat Jumat bagi kaum laki-laki, ada juga amalan sunah hari Jumat bagi wanita muslim.

Sebagaimana hari Jumat menjadi ibadah wajib, bagi kaum adam untuk menunaikan salat Jumat di masjid. Istimewanya hari tersebut karena Adam diciptakan, di hari Jumat pula Adam dimasukkan ke dalam Surga, kemudian Adam dikeluarkan dari surga pada hari Jumat, Lalu di hari yang sama Kiamat akan terjadi.

BACA JUGA:Masya Allah, 7 Amalan Menjadi Penghuni Surga Firdaus Ini Bisa Kamu Lakukan, Yuk Tingkatkan Ibadahnya

Sehingga dalam hal ini, hari Jumat menjadi ladang amal dan pahala bagi mereka yang mengerjakan sunah di hari Jumat. Bagi siapa yang menjalankan amalan-amalan baik pada hari Jumat, akan mendapat rahmat dari Allah.

Berikut 9 keutamaan hari Jumat dalam islam yang dapat kamu ketahui, sebagai berikut:

1. Waktu mustajab untuk berdoa

Dijelaskan dalam hadits Abu Hurairah berkata Rasulullah SAW bersabda: 

"Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan salat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasulullah mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu." (HR. Muttafaqu Alaih)

BACA JUGA:8 Amalan Hari Jumat Ini Perlu Kamu Lakukan, Insya Allah Berlimpah Keberkahan

Ibnu Qayyim Al Jauziah setelah menjabarkan perbedaan pendapat tentang kapan waktu itu mengatakan : 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: