Sebentar Lagi Ramadan! Ini Cara Mudah Berhemat untuk Buka Puasa Bersama, Kamu Perlu Tahu

Sebentar Lagi Ramadan! Ini Cara Mudah Berhemat untuk Buka Puasa Bersama, Kamu Perlu Tahu

Ilustrasi. Cara mudah berhemat saat hendak buka puasa bersama.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Memasuki bulan Ramadan 2024, berikut ini ada cara mudah untuk berhemat saat hendak buka puasa bersama. Tentunya cara ini dapat kamu ikuti agar pengeluaranmu sesuai dengan kebutuhan.

Tentunya puasa Ramadan ini sangat dinantikan, akan ada banyak kegiatan yang berkenaan dengan bulan penuh berkah ini. Salah satu agenda yang tiap tahun ada yakni jadwal untuk buka puasa bersama.

Dalam agenda tersebut tentu memerlukan anggaran, bahkan tidak satu atau dua kegiatan saja. Karena jika kamu seseorang yang mengikuti beberapa perkumpulan, akan ada beberapa undangan buka bersama (bukber) yang datang.

BACA JUGA:Kamu Perlu Tahu! Ini 6 Hakikat Puasa Menurut Imam Al-Ghazali, Salah Satunya Menjaga Lisan

Untuk mengatasi pengeluaran berlebih, kamu perlu untuk berhemat. Ada cara agar kamu tidak melakukan pengeluaran berlebih. Simak ulasan berikut.

1. Tentukan dana anggaran untuk buka bersama

Terlebih dulu kamu dapat membuat anggaran untuk wacana bukber, dengan menentukan besaran yang harus dikeluarkan. Pastikan bahwa anggaran tersebut cukup dan memenuhi jumlah yang ditargetkan, sehingga tidak ada pengeluaran berlebih.

Contohnya, ada 8 undangan buka bersama dengan masing-masing undangannya ditargetkan Rp100 ribu. Total yang kamu keluarkan dalam memenuhi undangan tersebut sekitar Rp800 ribu. Cara itu cukup efektif dan dapat menghemat pengeluaranmu.

BACA JUGA:Segera Amalkan Ini! Doa Minta Rezeki Halal dan Lancar, Cukup Rutinkan Tiap Hari Insya Allah Terkabul

Hanya saja, tentu disesuaikan dengan lokasi tempat yang hendak kamu datangi. Bila tidak memerlukan anggaran besar, kamu bisa menguranginya.

2. Pesan menu makanan yang bisa dibagikan

Selanjutnya, bila kamu mendapat undangan berbuka di restoran, hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam menghemat adalah mencari teman atau rekan dan menu apa saja yang dapat diajak sharing.

Tidak hanya hemat, kamu juga dapat mengurangi risiko mubazir makanan yang tak habis. Akan berbeda bila kamu dapat menghabiskan makanan tersebut.

BACA JUGA:Ini Cara Mengatasi Bau Mulut Akibat Asam Lambung Secara Sederhana, Bagus Dicoba Saat Bulan Puasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: