Prakiraan Cuaca di Bengkulu Awal Ramadan, Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Periode 12-14 Maret

Prakiraan Cuaca di Bengkulu Awal Ramadan, Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Periode 12-14 Maret

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa cuaca ekstrem termasuk potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai kilat/angin kencang akan melanda sebagian wilayah Indonesia, termasuk di Provinsi Bengkulu yang terjadi pada p--(Sumber Foto: Pexels)

BENGKULU, BETVNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa cuaca ekstrem termasuk potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai kilat/angin kencang akan melanda sebagian wilayah Indonesia, termasuk di Provinsi BENGKULU yang terjadi pada periode 12-14 Maret 2024.

"Berdasarkan prediksi kondisi global, regional, dan probabilistik model diprakirakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terdapat di sebagian wilayah Pesisir Barat Sumatera, Sumatera bagian tengah hingga selatan, Jawa, Bali, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua Barat, dan Papua," tulis BMKG dalam keterangan resminya.

BACA JUGA:Bukan Waktunya Mager, Lakukan Tips Olahraga Ini untuk Tubuh Bugar Meski Berpuasa

BMKG juga mengimbau masyarakat Bengkulu pada awal Ramadan pada periode 12-14 Maret 2024, agar waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem dan dampak yang ditimbulkan.

"Perlu diwaspadai potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/angin kencang di wilayah Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, KalimantanTengah, KalimantanTimur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Papua pada tanggal 12-14 Maret 2024," tulis BMKG dalam keterangan resminya.

BACA JUGA:Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadan di Bengkulu Hari Ini, Selasa 12 Maret 2024

BMKG mengungkapkan kondisi ini terjadi karena adanya dinamika atmosfer yang bisa meningkatkan potensi cuaca ekstrem. 

Sementara untuk hari ini, Selasa 12 Maret 2024, BMKG memprediksi cuaca di sejumlah wilayah Provinsi Bengkulu akan diguyur hujan ringan sampai malam hari. Serta berada di suhu 18-32 derajat Celcius dan pada kelembaban udara sekitar 65-100 persen.

BACA JUGA:Hari Pertama Puasa Diwarnai Balapan Liar dan Konvoi Motor 'Asmara Subuh' di Pantai Panjang

Kendati begitu, dalam situsnya, BMKG memberikan peringatan dini untuk waspada terhadap potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Bengkulu Utara, Seluma, Bengkulu Selatan, dan Kaur.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kab. bengkulu Utara, Seluma, Bengkulu Selatan, dan Kaur," tulis BMKG, 12 Maret 2024.

BACA JUGA:Diwarnai Tembakan Peringatan, Polsek Ratu Agung Kembali Amankan Pelaku Curanmor TKP Masjid

Berikut prakiraan cuaca hari ini, 12 Maret 2024 di Bengkulu yang BETV rangkum dari situs BMKG:

Kota Bengkulu: 

  • Siang-dini hari mengalami intesitas hujan ringan dengan suhu 25-32 derajat celsius dan kelembapan 65-95%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: