Hendak Berbuka Puasa, Baca Doa Ini! Insya Allah Berkah Ramadan Mendatangi

Hendak Berbuka Puasa, Baca Doa Ini! Insya Allah Berkah Ramadan Mendatangi

Ilustrasi. Doa jelang buka puasa ramadan.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Jelang berbuka puasa, ada beberapa doa yang dapat dipanjatkan sebelum mengakhiri puasa. Sebagaimana Islam menjadikan doa sebagai bentuk kekuatan dan harapan.

Puasa Ramadan menjadi momen yang paling dinantikan, sehingga dengan berdoa berharap keberkahan dalam menyantap makanan mendatangi. Karena setiap amalan yang dikerjakan memiliki pahala di dalamnya.

Puasa Ramadhan tidak hanya menahan lapar dan haus saja, tapi juga menjadi ibadah yang mulia dan diberkahi. Momen yang paling berharga di bulan tersebut adalah saat waktu untuk berbuka.

BACA JUGA:Makin Nikmat, Cobain 5 Resep Menu Buka Puasa Ini! Salah Satunya Ayam Teriyaki

Ada banyak umat Muslim yang berdoa memohon kepada Allah SWT, agar diberikan keberkahan dalam puasa dan makanan yang hendak disantap. Tentunya doa buka puasa bukanlah hanya sebatas perkataan saja, ada makna yang mendalam hingga dapat membawa keberkahan disetiap suap makan.

Diketahui pula bahwa doa akan dapat dikabulkan saat waktu sebelum berbuka puasa. Hal ini dibenarkan oleh Noegroho (2020) pada bukunya yang berjudul Doa, Zikir, Wirid, dan Pengobatan Islam Paling Mustajab.

BACA JUGA:Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadan di Bengkulu Hari Ini, Rabu 13 Maret 2024

Dalam hal ini, Rasulullah SAW juga mengatakan dalam hadistnya,

"Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: "Tiga buah doa mustajab: doa seorang yang sedang puasa, doa seorang yang dizalimi, dan doa seorang yang musafir (melakukan perjalanan jauh)."(HR. Ahmad, Abu Dawud). 

Dilansir dari berbagai sumber, selain doa yang umum dikenal secara turun temurun yakni dengan lafal Allahumma laka shumtu, ada bacaan lain yang dapat diamalkan saat berbuka, simak ulasan berikut.

BACA JUGA:Terapkan Pola Makan dan Tips Ini untuk Cegah Asam Lambung Kambuh Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Bacaan doa buka puasa 

1. Doa berbuka puasa riwayat Abu Daud

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: