BPBD Provinsi Bengkulu Imbau Pemudik Waspada Lintasi Jalur Rawan Longsor

BPBD Provinsi Bengkulu Imbau Pemudik Waspada Lintasi Jalur Rawan Longsor

Herwan Antoni, Kalaksa BPBD Provinsi Bengkulu--(Sumber Foto: CW1/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - BPDB (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi BENGKULU memberikan imbauan kepada masyarakat yang hendak mudik hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah untuk tetap waspada terhadap kondisi cuaca. 

Terlebih saat ini, seluruh wilayah Provinsi Bengkulu bahkan di bagian wilayah Indonesia lainnya pun dalam kondisi cuaca yang ekstrem. Terbaru BMKG merilis peringatan untuk mewaspadai cuaca selama periode musim atau pancaroba.

BACA JUGA:Antisipasi Bencana Banjir, BPBD Kota Bengkulu Siagakan 40 Personel Saat Pemilu 2024

Cuaca ektrem baru-baru ini juga terada di Bengkulu. Salah satu dikawasan yang rawan longsor Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Rejang Lebog. Bencana longsor di kawasan gunung, angin puting beliung hingga pohon tumbang berpotensi terjadi karena hujan dengan insensitas sedang ke tinggi, disertai juga angin dan petir. 

Disampaikan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Bengkulu Herwan Antoni bahwa beberapa titik jalan rusak dan bencana alam yang berpotensi tanah longsor menjadi perhatian pihaknya. 

BACA JUGA:Tahun 2024, BPBD Kepahiang Terima Dana Hibah Penanggulangan Bencana Rp29 Miliar

Tingkat hujan tinggi memungkinkan jalanan menjadi licin dan juga tanah longsor. Diantaranya terjadi di Liku Sembilan, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu Selatan hingga ke arah jalan Tanjung Sakt. 

"Tingkat hujan tinggi, kemungkinan jalan licin dan berpotensi tanah longsor seperti di, Liku Sembilan Kabupaten Bengkulu Tengah, Kepahiang, Rejang Lebong, Lebong, dan Bengkulu Selatan ke arah jalan Tanjung Sakti, itu menjadi titik perhatian dari kami," kata Herwan Antoni, Jumat 22 Maret 2024.

BACA JUGA:1.702 Dosis Vaksin Meningitis Disiapkan Untuk CJH Bengkulu

Herwan meminta kepada meminta masyarakat agar selalu berhati-hati terutama yang berkendara menggunakan jalur darat. Patuh rambu-rambu larangan yang ada serta memperhatikan rambu-rambu imbauan yang telah terpasang. 

"Kami berharap di libur lebaran nanti semua berjalan dengan lancar, tidak ada kendala yang fatal terjadi, Jika cuaca tidak mendukung agar kiranya untuk tidak bepergian dulu, Kami harap masyarakat tetap memperhatiakan imbauan itu." Ujarnya saat wawancara di kantor BPBD Provinsi Bengkulu," tutup Herwan. 

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: