Ini Ciri-ciri dan Peran Imam Mahdi Jelang Hari Kiamat, Pemimpin Adil Pembawa Kemakmuran

Ini Ciri-ciri dan Peran Imam Mahdi Jelang Hari Kiamat, Pemimpin Adil Pembawa Kemakmuran

Ilustrasi. Ciri-ciri dan peran Imam Mahdi di bumi jelang hari Kiamat.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Terdapat beberapa ciri dan peran Imam Mahdi yang akan menjadi pemimpin adil di bumi. Tidak hanya itu, perannya tersebut akan menjadi hal yang penting agar dapat memberi kemakmuran.

Dalam Islam, nama Imam Mahdi sudah populer di kalangan manusia. Ia akan datang dengan membawa kedamaian hidup setiap orang.

Ternyata ini peran Imam Mahdi jelang hari kiamat, sudah tahu ciri-cirinya? Dalam hal ini, umat Islam wajib percaya akan kedatangan sosok yang nantinya menjadi pemimpin seluruh umat jelang hari kiamat.

BACA JUGA:Hari Kiamat Akan Datang! Ini 10 Tanda yang Disebut dalam Al Quran, Apa Saja?

Sebagaimana telah disampaikan melalui kalam Allah dan hadits-hadits shahih. Kemunculan Imam Mahdi  ini menjadi salah satu tanda tibanya hari kiamat.

Dilansir berbagai sumber, sebagai sosok yang dikenal bijak, Allah mengutus Imam Mahdi ke dunia untuk pembaruan agama Islam. Telah diketahui, bahwa kehidupan dunia hanya sementara dan umat Islam percaya bahwa akhir zaman akan terjadi.

BACA JUGA:4 Mahkluk Ini Akan Muncul Jelang Hari Kiamat, Bukan Hanya Dajjal! Siapa Mereka?

Diketahui bahwa menjelang akhir zaman umat Islam akan berada di bawah pimpinannya Imam Mahdi. Ibn Khaldun pernah berpendapat seperti dikutip dari buku Ensiklopedia Kiamat karangan Dr. Umar Sulaiman al Asygar,

"Ketahuilah bahwa yang mahsyur di kalangan umat Islam sepanjang masa adalah bahwa pasti di akhir zaman akan muncul seorang laki-laki dari kalangan bait untuk memperkuat agama, menegakkan keadilan, diikuti kaum muslim, dan menguasai kerajaan-kerajaan Islam. Ia bernama Al Mahdi."

Sehingga nanti di akhir zaman setelah terjadi kekacauan yang sangat mengerikan. Imam Mahdi akan muncul dihadapan umat manusia.

BACA JUGA:Hati-hati, Ini 4 Golongan Manusia yang Memiliki Kedudukan Terburuk di Hari Kiamat, Siapa Saja?

Sebutan Imam Mahdi sendiri bukanlah nama melaikan gelar, yang mana 'Imam' bermakna pemimpin dan 'mahdi' artinya orang yang mendapat petunjuk. Kemunculan Imam Mahdi diperkirakan akan datang di hari akhir setelah Dajjal dan sebelum Nabi Isa AS.

Belum diketahui secara pasti kapan kemunculan Imam Mahdi tersebut. Namun, menurut riwayat hadits Ibnu Majah sosoknya akan datang dari arah timur Jazirah Arab.

Ciri-ciri Imam Mahdi

  • Imam Mahdi sebagai utusan Allah memiliki Ciri-ciri yakni:
  • Merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW
  • Memiliki nama yang serupa dengan Nabi Muhammad dan ayahnya
  • Akan menguasai bangsa Arab dan seluruh dunia Islam
  • Punya hidung panjang dan mancung
  • Berkening lebar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: