Ini Penyebab Anak Susah Makan, Orang Tua Perlu Terapkan Cara Berikut! Apa Saja?

Ini Penyebab Anak Susah Makan, Orang Tua Perlu Terapkan Cara Berikut! Apa Saja?

Ilustrasi. Penyebab anak susah makan, berikut cara untuk mengatasinya.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Tidak sedikit orang tua yang mengalami anak susah untuk makan. Ada beberapa sebab dan cara untuk mengatasi anak yang sulit makan dengan nyaman.

Tentunya para orang tua dapat memperhatikan beberapa hal berikut. Simak ulasan ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Ketika anak susah diajak makan hal yang perlu dilakukan adalah sabar dan menyusun strategi.  Hal ini penting untuk dilakukan mengetahui bahwa si kecil sulit makan atau tidak mau makan.

Saat seperti inilah, pertumbuhan anak sedikit lambat jika dibandingkan dengan masa sebelumnya. Sehingga perlu menjadi perhatian orang tua. Berikut ini ada beberapa penyebab anak susah makan, dikutip dari alodokter.com, yaitu:

BACA JUGA:Cara Mudah agar Anak Tidak Tersedak Saat Makan, Cek di Sini!

1. Hanya memilih makanan tertentu saja

Kemampuan yang baru bisa balita lakukan yaitu dengan mengonsumsi makanan padat. Untuk itu perlunya waktu supaya si kecil dapat terbiasa pada ragam rasa, warna, dan tekstur dari makanan.

Disarankan untuk memberikan perkenalan jenis makanan tertentu dengan perlahan kepada anak yang sulit makan. Dapat dilakukan setelah beberapa kali, si kecil bisa saja akan mulai tertarik dalam memakannya.

Anak juga dapat belajar untuk makan sendiri, hal ini termasuk si kecil sudah bisa makan apa saja di mulutnya. Lakukan hal seperti menyajikan secara bersamaan, antara makanan favorit dan jenis makanan baru untuk anak. 

Orang tua dapat menghindari waktu diantara makan dan menjelang waktu untuk tidur sebab adanya rasa lelah bisa berpengaruh pada minat si kecil dalam makanan baru.

BACA JUGA:Anak Sering Mengigau? Coba Pakai Cara Ini Biar Tidur Nyenyak dan Nyaman

2. Lebih memilih makanan siap saji

Sebagaimana manakan ini pada umumnya memiliki kandungan garam, gula, dan lemak atau juga kolesterol dan sangat rendah akan nutrisi penting, misal protein, mineral, dan vitamin.

Saat jenis makanan ini dikonsumsi secara berlebihan dapat membuat anak memiliki risiko diabetes, tekanan darah tinggi, dan kegemukan atau obesitas. Contoh dari makanan siap saji yakni kentang goreng, pizza, minuman bersoda, es krim dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: