Dinas TPHP Dorong Kelompok Tani di Provinsi Bengkulu Segera Berbadan Hukum

Dinas TPHP Dorong Kelompok Tani di Provinsi Bengkulu Segera Berbadan Hukum

Dinas Tanaman Pangan dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, mendorong seluruh kelompok tani agar segera mengurus badan hukum atau legalitasnya.--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Kadis Tanaman Pangan dan Perkebunan (TPHP) Provinsi BENGKULU, M.Rizon, S.Hut.M.Si. mendorong seluruh kelompok tani agar segera mengurus badan hukum atau legalitasnya.

Legalitas tersebut perlu dilakukan agar semua program bantuan pemerintah bisa disalurkan kepada kelompok tani sesuai mekanisme perundang-undangan yang berlaku.

BACA JUGA:Waspada Uang Palsu Jelang Lebaran, Jonaidi: Tukar Uang di Tempat Resmi


Kadis Tanaman Pangan dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, M.Rizon, S.Hut.M.Si. mendorong seluruh kelompok tani agar segera mengurus badan hukum atau legalitasnya.--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

"Bagi kelompok tani yang belum mengurus legalitas atau badan hukum diimbau segera mengurus di lembaga yang berwenang, sehingga mudah dilakukan pendataan. Karena semua bentuk bantuan pemerintah saat ini  harus melalui kelompok tani," kata Kadis TPHP Provinsi Bengkulu kepada BETVNEWS, Jumat 22 Maret 2024.

BACA JUGA:Gubernur Rohidin Mersyah Ungkap 3 Ruas Jalan Kewenangan Provinsi di Kepahiang Mulai Dibangun

Tambah Rizon, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu akan memberikan penyuluhan-penyuluhan terkait pengelolaan kelompok tani berbasis UKM

"Penyuluhan tersebut meliputi bagaimana manajemen kelompok yang baik, mengurus adminitrasi yang baik, dan membuat laporan yang baik," jelasnya.

BACA JUGA:Pejabat Pemkab Mukomuko dan Kepala Sekolah Dimutasi

Ia juga menyebutkan, bahwa saat ini di Provinsi Bengkulu terdapat 13.502 kelompok tani dengan jumlah anggotanya sebanyak 247.464 orang.

"Kalau kelompok tani ini kita berdayakan betul dengan pelatihan manajemen berbasis UKM dengan memberikan nilai tambah pada hasil produksi pertanian, kita optimis nantinya benar-benar akan bisa meninngkatkan kesejahteraan bagi para petani itu sendiri," ujarnya.

BACA JUGA:Beras SPHP Bisa Dibeli di Kantor Kelurahan Tanjung Jaya, Segini Harganya

Sementara itu, Tulus, salah seorang petani dari kelompok tani Karya Mukti Desa Sari Mulyo mengatakan, bahwa kelompok taninya siap mendukung dan menyukseskan program pemerintah untuk meningkatkan hasil produksi pertanian.

"Kami siap mendukung sepenuhnya program pemerintah dalam meningkatkan produksi hasil pertanian," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: