Meski Tidak Tahu Nikmat Surga, Malaikat Ridwan Memiliki Sifat Ini! Apa Itu?

Meski Tidak Tahu Nikmat Surga, Malaikat Ridwan Memiliki Sifat Ini! Apa Itu?

Ilustrasi. Mengenal Malaikat Ridwan, sang penjaga pintu yang tidak tahu nikmat surga.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Dalam Islam, terdapat 10 malaikat yang umumnya dikenal dan memiliki tugas masing-masing. Termasuk Malaikat Ridwan sosok yang selalu tersenyum meski tidak tahu nikmat surga.

Sejumlah tafsir menyebutkan bahwa malaikat Ridwan memiliki tugas sebagai penjaga pintu surga. Hal ini dijelaskan dalam Tafsir Ibnu Katsir, Malaikat Ridwan akan memberi sambutan kepada para penghuni surga dengan salam, pujian dan berita gembira.

BACA JUGA:Berkat Amalannya, 9 Golongan Manusia Ini Didoakan oleh Malaikat, Salah Satunya Menjenguk Orang Sakit

Sebagaimana diketahui, malaikat diciptakan Allah SWT dari nur atau cahaya. Meski disebut sebagai malaikat yang tidak tahu nikmat surga, Malaikat Ridwad adalah sosok yang penuh keramahan.

Dijelaskan pula bahwa sosoknya menjadi pemimpin dari para malaikat penjaga surga. Hal ini dijelaskan dalam surah Az-Zumar ayat 73, yang artinya:

"Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya diantar ke dalam surga secara berombongan. Sehingga apabila mereka sampai kepadanya (surga) dan pintu-pintunya telah dibukakan, penjaga-penjaganya berkata kepada mereka, "Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! Maka masuklah, kamu kekal di dalamnya."

BACA JUGA:Pernah Merasa? Ini 9 Tanda Kamu Sedang Diawasi Malaikat, Salah Satunya Awan Berbentuk Aneh

Dilansir berbagai sumber, makhluk bernama malaikat sangatlah patuh dan tunduk terhadap segala perintah-Nya. Setiap perintah dari Allah Ta'ala mereka (malaikat) senantiasa menjalankannya dengan baik.

Bahkan, diantara para malaikat ada pula yang disebut dengan Malaikat Muqarrobin (yakni malaikat yang sangat dekat kepada Allah hubungannya). Sehingga, malaikat tak pernah durhaka pada Allah Ta'ala, dikarenakan para malaikat merupakan makhluk suci.

BACA JUGA:Menjelma Jadi Pengemis! Begini Ciri-ciri Malaikat yang Menyamar Menjadi Manusia, Tujuannya Memberi Pertolongan

Seperti yang diketahui, malaikat tidak punya pikiran ataupun hawa nafsu. Sebagai umat Muslim kita wajib untuk meyakini keberadaannya.

Nama malaikat Ridwan tidak dijelaskan dalam Al Quran maupun hadits shahih. Tidak ada kejelasan tentang namanya, tapi kadang disebut sebagai Rizvan oleh orang asal Persia, Urdu, Pashto, Tajik, Punjabi, Kashmir, serta bahasa lainnya.

BACA JUGA:Makhluk Mulia dan Selalu Taat kepada Allah, Inilah Sifat-sifat Malaikat yang Perlu Diketahui

Bagi orang Perancis nama tersebut bernama Redouane, hanya saja saat ini nama ini telah digunakan untuk nama maskulin terhadap orang Arab atau ia yang beragama Islam. Malaikat Ridwan selain penjaga pintu surga, nantinya akan membantu orang-orang beriman untuk masuk ke dalam surga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: