Maksimalkan Ibadah di Bulan Ramadhan dan Dapatkan Keutamaan Ini Berdasarkan Hadits Nabi, Apa Saja?

Maksimalkan Ibadah di Bulan Ramadhan dan Dapatkan Keutamaan Ini Berdasarkan Hadits Nabi, Apa Saja?

Maksimalkan ibadah di bulan Ramadhan dan dapatkan keutamaan ini berdasarkan hadits nabi, apa saja?--(Sumber Foto : Doc/BETV)

Ramadhan dikenal sebagai bulan penuh berkah dimana pada saat itu, pintu-pintu surga akan dibuka sementara pintu-pintu neraka ditutup serta setan-setan pun akan dibelenggu. 

Bulan ini dikenal sebagai bulan yang lebih baik daripada seribu bulan. Dalam hadits berikut, Rasulullah SAW bersabda :

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ 

Artinya: Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan (HR Ahmad). 

BACA JUGA:Jangan Sampai Tidak Tahu, Berikut 7 Syarat Wajib Puasa Ramadhan, Salah Satunya Tidak Sedang dalam Perjalanan

2. Allah SWT Membebaskan Penghuni Neraka Tiap Malam Bulan Ramadhan

Padah bulan Ramadhan ini, Allah SWT akan membebaskan penghuni neraka pada setiap malam di bulan aktif ini. 

Sebagaimana yang ada di dalam hadits berikut, Rasulullah SAW bersabda:

إذَا كَانَ أوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِرَمَضَانَ صُفِّدَتْ الشَّيَاطِيْنُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ وَغُلِّقَتْ أبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ وَفُتِّحَتْ أبْوَابُ الجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ وَيُنَادِيْ مُنَادٍ يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أقْصِرْ وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلِكَ كُلُّ لَيْلَةٍ     

Artinya: Jika awal Ramadhan tiba, maka setan-­setan dan jin dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pintu pun yang dibuka. Sedangkan pintu-pintu surga dibuka, dan tidak satu pintu pun yang ditutup. Lalu ada seruan (pada bulan Ramadhan): Wahai orang yang menginginkan kebaikan, datanglah. Wahai orang yang ingin kejahatan, tahanlah dirimu. Pada setiap malam Allah swt memiliki orang-orang yang dibebaskan dari neraka (HR Tirmidzi).

BACA JUGA:Muslim Wajib Tahu! Inilah Dalil dan Hukum Puasa Ramadhan, Salah Satunya dalam Surah Al Baqarah Ayat 183

3. Doa Orang Berpuasa Mustajab

Di bulan Ramadhan, doa orang-orang yang berpuasa selalu mustajab dan senantiasa dikabulkan oleh Allah SWT. Seperti yang ada dalam sabda Rasulullah SAW berikut. 

لَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٍ ؛دَعْوَةُ الصَّائِمِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُوْمِ

Artinya: Ada tiga macam doa yang mustajab, yaitu doa orang yang sedang puasa, doa musafir, dan doa orang yang teraniaya (HR Baihaqi).

BACA JUGA:Sudah Berjalan 4 Hari, Berikut Sekumpulan Hadits Keutamaan Puasa Ramadhan Agar Kamu Makin Semangat Puasa

4. Puasa dan Al-Qur'an yang Dibaca Akan Memberi Syafaat di Hari kiamat

Puasa yang dilakukan dan dibarengi dengan membaca Al-Qur'an pada bulan Ramadhan, keduanya akan memberi syafaat pada mereka yang mengerjakannya kelak di hari kiamat. 

Hal ini seperti sabda Rasulullah SAW berikut :

اَلصُّيَامُ وَاْلقُرْآنُ يَشْفَعَانِ لِلْعَبْدِ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ يَقُوْلُ اَلصِّيَامُ أيْ رَبِّ مَنَعْتُهُُ الطَّعَامَ وَالشَّهَوَاتَ بِالنَّهَارِ فَشَفِّعْنِى فَيْهِ وَيَقُوْلُ اْلقُرْآنُ مَنَعْتُهُ النَّوْمَ بِالَّيْلِ فَشَفِّعْنِي فِيْهِ قَالَ فَيُشَفِّعَانِ 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: