Kamu Perlu Tahu! Ini 6 Golongan Manusia yang Dijamin Masuk Surga, Siapa Saja Mereka?

Kamu Perlu Tahu! Ini 6 Golongan Manusia yang Dijamin Masuk Surga, Siapa Saja Mereka?

Ilustrasi. Golongan manusia yang dijamin masuk surga oleh Allah SWT.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Surga menjadi tempat yang terakhir dari tujuan hidup umat manusia, yang digambarkan dengan penuh kenikmatan. Sebagaimana janji Allah SWT telah diabadikan dalam Al Quran.

Tidak hanya surga, Allah ta'ala juga menciptakan neraka yang dapat menjadi tujuan terakhir manusia. Sehingga, tidak semua manusia bisa masuk ke dalam surga, namun ada golongan yang dijamin akan masuk ke dalamnya. Simak ulasan berikut.

BACA JUGA:Meski Tidak Tahu Nikmat Surga, Malaikat Ridwan Memiliki Sifat Ini! Apa Itu?

Sebagaimana diketahui, tidak sedikit orang sangat mendambakan ingin masuk ke surga, tempat di mana banyak kenikmatan di dalamnya. 

Dilansir dari laman detik.com, Mahir Ahmad Ash-Shufiy pada kitabnya yang berjudul Jinanul Khuldi: Na'imuha wa Qushuruha wa Huruha, telah merangkum 6 golongan yang dijanjikan masuk surga berdasarkan Al Quran.

BACA JUGA:Nikmatnya Surga! Ini Gambaran Kesibukan Penghuni di Dalamnya

1. Orang yang hijrah dan berjuang di jalan Allah

Orang yang dijamin masuk surga ialah orang yang berhijrah dan berjuang di jalan Allah SWT. Disebutkan dalam Al Quran surah At Taubah ayat 22-23 yang artinya:

"Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sesungguhnya di sisi Allahlah pahala yang sangat besar. Wahai orang-orang beriman, janganlah kamu jadikan bapak-bapakmu dan saudara-saudaramu sebagai pelindung jika mereka lebih mencintai kekufuran atas keimanan. Siapa pun di antara kamu yang menjadikan mereka pelindung, maka mereka itulah orang-orang yang zalim."

BACA JUGA:Punya Khasiat Luar Biasa, Ternyata 7 Buah Ini Berasal dari Surga, Apa Aja? Yuk Cek

2. Orang Islam yang beriman pada ayat-ayat Allah SWT

Selanjutnya orang yang dijamin masuk surga adalah orang Islam yang memiliki keimanan pada ayat-ayat Allah SWT. Dijelaskan dalam Al Quran surah Az Zukruf ayat 68-70 yang artinya:

"(Dikatakan kepada mereka,) "Wahai hamba-hamba-Ku, tidak ada ketakutan bagimu pada hari ini (kiamat) dan tidak pula kamu bersedih. (Yaitu) orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami dan mereka adalah orang-orang muslim. Masuklah ke dalam surga, kamu dan pasanganmu (dalam keadaan) dibahagiakan."

BACA JUGA:10 Manfaat Tin untuk Kesehatan, Salah Satu Buah Surgawi yang Disebut dalam Al Quran, Ini Kandungannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: