Kucing Jadi Kesayangan Nabi tapi Tidak Masuk Surga? Ternyata Alasannya Karena Ini

Kucing Jadi Kesayangan Nabi tapi Tidak Masuk Surga? Ternyata Alasannya Karena Ini

Ilustrasi. Alasan kucing tidak masuk surga, namun menjadi hewan kesayangan nabi.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Terdapat alasan kenapa kucing tidak dapat masuk ke dalam surga, bahkan mampu membuat seseorang masuk ke neraka. Meski imut dan menjadi hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW, kucing diketahui tidak dapat masuk surga.

Walau begitu, hewan satu ini juga memiliki keistimewaan sendiri. Bahkan, tidak sedikit orang menjadikannya sebagai hewan peliharaan dan merawatnya dengan baik.

Namun, seseorang dapat masuk ke dalam surga dengan merawat dan memeliharanya. Sebagai sesama makhluk Allah SWT yang seharusnya memang kita dapat saling memberikan kasih sayang, baik pada tumbuhan, maupun hewan dan manusia.

BACA JUGA:Telinga Berdenging? Dapat Amalkan Doa Ini! Simak Artinya Menurut Islam

Kecuali jika hewan tersebut membahayakan diri sendiri, tentu ada sebab akibat yang akan diterima. Menyayangi hewan seperti kucing dapat mendatangkan pahala, berbeda bagi orang yang kerap kali menyiksanya.

Dilansir berbagai sumber, dalam Islam meski hewan ini tidak masuk ke dalam surga. Namun, kucing merupkan hewan yang istimewa dan termasuk binatang suci jauh dikatakan najis. Hal ini dijelaskan dalam hadits riwayat Malik, bahwa:

"Badan, keringat, sisa makanan, serta air liur kucing adalah suci. Air liurnya bahkan bersifat membersihkan. Hidupnya lebih bersih dari manusia."

BACA JUGA:Luangkan Waktumu Sebentar! Ini Manfaat Baca Al Quran dalam Islam, Perbanyak Ibadah di Bulan Ramadan

Sehingga dalam Islam, kucing sangatlah dihormati. Terkait keputusan surga atau neraka di akhirat, yang membedakannya dengan manusia terletak pada amalnya.

Sebagaimana hal ini disampaikan dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Sesungguhnya Allah akan mengumpulkan seluruh makhluk, semua binatang melata, burung, dan manusia. Allah berkata kepada binatang dan burung, 'Jadilah kalian tanah!' Saat itulah orang kafir berkata, 'Oh, andai saja aku menjadi tanah (QS An-Naba ayat 40),'" (HR Ibnu Jarir).

BACA JUGA:Penuh Keberkahan, Ini 9 Keutamaan Hari Jumat bagi Umat Islam, Waktu Istimewa Perbanyak Ibadah

Hadits tersebut menjelaskan kondisi hewan dan manusia berbeda, sehingga perbuatan apapun yang dilakukan hewan tidaklah dihitung ataupun mendapat balasan. Selain itu dalam Islam, kucing tidak masuk ke dalam surga karena di akhirat tidak sama kehidupannya di dunia.

Terdapat hal-hal yang sungguh di luar nalar akan muncul, hal tersebut juga menyangkut tentang surga bagi manusia dan hewan. Walaupun kucing tak dapat masuk ke surga, bukan berarti hewan tersebut dilarang ada di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: