Kamu Perlu Tahu! Jangan Berlebihan Konsumsi Kue Kering Lebaran, Ini 4 Efek Sampingnya

Kamu Perlu Tahu! Jangan Berlebihan Konsumsi Kue Kering Lebaran, Ini 4 Efek Sampingnya

Ilustrasi. Efek samping konsumsi kue kering secara berlebihan, tidak baik untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Hari raya identik dengan sajian kue kering, banyak dari mereka menyajikan kue kering sebagai camilan Lebaran. Namun, ternyata ada efek samping jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan.

Sebagaimana diketahui, setelah puasa sebulan penuh akan tiba Hari Raya Idul Fitri. Sudah menjadi kebiasaan, disajikannya makanan ringan dan minuman untuk tamu yang singgah ke rumah.

BACA JUGA:Cocok Disajikan Saat Lebaran! Ini Resep Kue Pisang Kukus Simple, Kenyal dan Manis

Termasuk kue kering yang kerap kali ada di setiap rumah. Meskipun begitu, kamu tetap bisa menikmati kue kering dengan tidak berlebihan dan secukupnya saja.

Setiap kue kering memiliki rasanya masing-masing, sesuai dengan cara pengolahan dan membuatnya. Tidak hanya renyah, camilan ini juga enak menemani setiap aktifitas.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa efek samping mengonsumsi kue kering berlebihan, yakni:

BACA JUGA:Cara Mudah Agar Baterai HP Tidak Boros Saat Mudik Lebaran, Cukup Lakukan Hal Ini!

1. Meningkatkan risiko depresi

Konsumsi kue kering berlebihan dapat meningkatkan risiko depresi, sehingga kamu perlu makan secukupnya saja. Banyak jenis kue kering yang disajikan saat Lebaran, dan biasanya terbuat dari tepung putih, yang merupakan karbohidrat olahan.

Sangat jarang diketahui, bahwa ternyata dengan memakan kue kering secara berlebihan, dapat berdampak negarif pada suasana hati. Seperti yang telah disebutkan, bahkan meningkatkan risiko depresi.

BACA JUGA:Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Lakukan Hal Ini! Dijamin Aman Tanpa Perlu Khawatir

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition (2015) menjelaskan ada hubungan antara konsumsi karbohidrat olahan misalnya roti putih dan depresi pada wanita pasca menopause.

2. Mengurangi kesehatan kulit

Hal ini dapat juga terjadi, jika kamu mengonsumsi kue kering secara berlebihan, akan berpengaruh pada kesehatan kulit. Diketahui, jumlah gula yang tinggi di kue kering tersebut, dapat membuat kolagen dan juga elastin dalam kulit menjadi rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: