Lakukan 6 Hal Ini agar Tidak Boncos, Berikut Tips Mengatur Keuangan Selama Mudik, Nomor 2 Paling Penting

Lakukan 6 Hal Ini agar Tidak Boncos, Berikut Tips Mengatur Keuangan Selama Mudik, Nomor 2 Paling Penting

Ilustrasi. Tips mengatur keuangan selama mudik agar dompet tidak boncos.--(Sumber Foto: Web/kompas.com)

BETVNEWS - Mengatur keuangan ketika mudik sangat penting dilakukan agar isi dompet tidak boncos, buruan cek tipsnya di sini.

Seperti yang diketahui biaya mudik lebaran tidak murah. Oleh karena itu, kamu harus mengatur keuangan agar lebih terkontrol.

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan uang THR untuk keperluan mudik sehingga uang pribadi bisa disimpan sebagai tambahan atau untuk dana darurat selama mudik.

BACA JUGA:Insya Allah Selamat Sampai Tujuan, Ini 7 Tips Aman Mudik di Bulan Puasa yang Wajib Diketahui

Di samping itu, sebelum mudik kamu juga perlu membuat perencanaan pengeluaran uang selama mudik. Hal ini dilakukan agar setiap uang yang dikeluarkan lebih terkontrol dan meminimalisir biaya keluar yang tidak penting.

Apalagi jika kamu mudik dengan jarak yang cukup jauh dalam waktu yang lama, uang harus terkentrol agar dompet tetap aman dan masih ada dana untuk menunjang kehidupan setelah mudik.

Tidak hanya itu, masih banyak tips lainnya yang harus kamu lakukan jika ingin dompet tetap aman selam mudik lebaran.

Melansir dari metrotvnews.com, berikut tips mengatur keuangan selama mudik lebaran 2024:

BACA JUGA:Atur Keuangan untuk Mudik Lebaran dengan 5 Cara Ini, Dijamin Dompet Aman Hati Senang

1. Manfaatkan THR untuk keperluan mudik

Tips mengatur keuangan selama mudik lebaran yang pertama adalah dengan memanfaatkan THR. Seperti yang diketahui, jelang hari raya pasti ada dana masuk yang bernama THR (Tunjangan Hari Raya) baik dari tempat kerja, keluarga, atau saudara.

Dana ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan mudik, misalnya membeli tiket transportasi atau kebutuhan lainnya selama mudik lebaran sehingga uang pribadi tidak begitu banyak yang keluar.

Selain itu, uang THR juga bisa kamu berikan kepada anggota keluarga seperti adik dan orang tua sehingga uang pribadi kamu tidak berkurang untuk memberi THR kepada keluarga.

Biasanya anak rantau yang sudah berkeja pasti memberikan uang kepada saudara di kampung halaman sebagai tanda keberhasilannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: