Sudah Tahu? 4 Alasan Kenapa KKB Papua Sulit Diberantas, Ternyata Karena Hal Ini

Sudah Tahu? 4 Alasan Kenapa KKB Papua Sulit Diberantas, Ternyata Karena Hal Ini

Ilustrasi. Alasan kenapa KKB Papua sulit untuk diberantas, ternyata karena hal ini.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) juga dikenal dengan sebutan Organisasi Papua Merdeka (OPM) adalah kelompok yang sangat menginginkan Papua lepas dari Negara Republik Indonesia (NKRI). Ada sejumlah alasan kenapa hingga kini KKB Papua sulit untuk diberantas, dapat simak ulasan berikut.

Salah satu alasannnya yakni para OPM tersebut memiliki strategi yang mumpuni, sehingga tidak semudah itu untuk dihilangkan. Terlebih jika menilik kembali sejarah, dulunya KKB Papua lebih dikenal dengan sebutan OPM yang mana sejak 1965 teror pun mulai bertebaran.

BACA JUGA:Haru Iringi Pemakaman Pratu M. Fadli yang Gugur Diserang KKB Papua

Sangat ingin lepas dari NKRI, kelompok ini malah melakukan berbagai aksi yang merugikan sejumlah pihak. Bahkan aksinya lebih kepada tindakan kriminal seperti penembakan, penyanderaan, pembunuhan, hingga sejak tahun 2021 Pemerintah Indonesia menyebut kelompok bersenjata tersebut sebagai teroris.

Bahkan belum lama ini, para OPM kembali melakukan penyerangan kepada seorang Danramil Aradide yang saat itu sedang tidak bertugas. Berdasarkan keterangannya Komandan Rayon Militer tersebut bernama Letda Inf Oktovianus Sogarley.

BACA JUGA:Innalillahi, Danramil Aradide Gugur di Paniai, Ini Motif OPM hingga Disebut Melanggar HAM Berat

Peristiwa tersebut terjadi pada Kamis 11 April 2024, diketahui korban sedang mengendarai motor sendirian, lalu melewati jalanan sepi. Namun, kejadian tersebut tidak dapat dihindari dan akhirnya Danramil Oktovianus ditembak hingga tidak lagi bernafas.

Sungguh cukup memilukan, gerakan separatis KKB Papua ini menggunakan senjata dan melakukan kekerasan, hingga pembunuhan. Lalu apa saja alasan para OPM ini sulit untuk diberantas? Simak di sini.

BACA JUGA:Markas KKB Sudah Diketahui, Upaya Penyelamatan Pilot Susi Air Tidak Dengan Perang, Ternyata Ini Pertimbanganya

1. Sering menyamar

Brigjen Rusdi Hartono Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri, mengungkapkan banyak anggota KKB yang menyamar sebagai warga lokal di wilayah Papua.

Hal itu membuat aparat sulit menemukan keberadaan anggota KKB Papua.

BACA JUGA:Prajurit TNI yang Gugur Ditembak KKB Papua, Ternyata Baru Menikah Seminggu Sebelum Bertugas

2. Dilindungi oleh tokoh setempat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: